lifestyle

Deretan Selebriti Dunia Ini Kecam Israel dan Dukung Palestina

Penulis Firda Ayu
Oct 20, 2023
Kiri - Kanan: Mia Khalifa dan Huda (Foto: instagram.com/miakhalifa, huda)
Kiri - Kanan: Mia Khalifa dan Huda (Foto: instagram.com/miakhalifa, huda)

ThePhrase.id - Konflik antara Israel dan Palestina terus memanas dan menjadi perhatian warga dunia. Konflik ini kian memanas usai serangan Hamas terhadap Israel yang dibalas dengan serangan pada infrastruktur Hamas di Jalur Gaza.

Panasnya konflik ini menarik perhatian berbagai pihak, mulai dari pemimpin dunia, aktivis, hingga selebriti. Tak sedikit dari para selebriti dunia yang mengecam Israel atas penjajahan yang dilakukan pada tanah Palestina.

Siapakah selebriti dunia yang secara vokal mengecam Israel dan mendukung Palestina? Simak daftarnya berikut ini.

Bella Hadid

Deretan Selebriti Dunia Ini Kecam Israel dan Dukung Palestina
Bella Hadid (Foto: instagram.com/bellahadid)

Isabella Khairiah Hadid atau lebih dikenal dengan nama Bella Hadid merupakan model ternama dunia yang secara terang-terangan menyatakan dukungannya pada Palestina. Bella diketahui memiliki darah Palestina-Jordania dari ayahnya, Mohamed Hadid.

Darah Palestina yang mengalir dalam dirinya ini membuatnya secara terang-terangan membela hak warga Palestina. Dilansir CNBC, Bela mengecam Instagram karena menghapus postingannya berisi foto paspor ayahnya yang menyoroti tempat lahir Mohamed, yaitu Palestina. 

"Bagian mana dari kebanggaan saya terhadap tempat kelahiran ayah saya di Palestina yang merupakan 'penindasan, pelecehan, gambar-gambar, atau ketelanjangan seksual'? Apakah kami tidak diperbolehkan menjadi orang Palestina di Instagram? Bagi saya, ini adalah penindasan," protes Bella terhadap Instagram.

Meski belum membuka suara terkait konflik antara Hamas dan Israel yang baru saja kembali memanas, Bella tetap menyatakan dukungannya dengan bergabung dalam demonstrasi pro-Palestina di New York City, AS, pada Sabtu (2/9/2023).

Tak hanya itu, Bella bahkan memiliki highlight story di Instagram dengan judul Free Palestine yang menunjukkan dukungannya terhadap Palestina. Ia juga menyatakan siap kehilangan karier modelnya demi membela Palestina.

Gigi Hadid

Deretan Selebriti Dunia Ini Kecam Israel dan Dukung Palestina
(Foto: instagram.com/gigihadid)

Selain Bella, kakaknya yang juga berprofesi sebagai model ternama, Jelena Noura Hadid atau Gigi Hadid juga menjadi salah satu selebriti dunia yang secara vokal mendukung Palestina. Melalui Instagramnya, Gigi Hadid mengungkapkan rasa empati dan belasungkawa terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan Israel.

"Hati dan pikiran saya bersama semua orang yang terkena dampak tragedi yang tidak dapat dibenarkan ini. Setiap hari, nyawa orang yang tidak berdosa direnggut oleh konflik ini. Sebagian besar di antaranya adalah anak-anak," tulis Gigi, Rabu (11/10/2023).

Meski memberikan dukungan terhadap masyarakat Palestina dan mengecam penindasan Israel terhadap masyarakat Palestina, Gigi Hadid juga tidak membenarkan tindakan Hamas karena hal ini menurutnya tidak benar dan tidak sejalan dengan gerakan Free Palestine.

"Penindasan terhadap orang tak berdosa tidak sejalan dengan gerakan "Free Palestine" dan tidak memberikan manfaat apapun. Justru, hal ini memicu siklus balas dendam yang menyakitkan dan berlangsung selama puluhan tahun," tulis Gigi yang mendapatkan dukungan 1,5 juta likes dari pengguna Instagram.

Mia Khalifa

Deretan Selebriti Dunia Ini Kecam Israel dan Dukung Palestina
(Foto: instagram.com/miakhalifa)

Mantan pemeran film dewasa, Mia Khalifa juga merupakan selebriti dunia yang mendukung Palestina. Mia yang memiliki darah Lebanon mengungkapkan berbagai dukungannya terhadap Palestina melalui sosial media.

Meski demikian dukungannya terhadap Palestina ini dianggap kontroversi berkat perkataannya yang menyebut freedom fighters atau pejuang kemerdekaan yang diartikan oleh pengguna sosial media sebagai dukungan terhadap kekerasan yang dilakukan oleh Hamas. 

Mia kemudian melakukan klarifikasi dan menyebut bahwa freedom fighters atau pejuang kemerdekaan merupakan gambaran dari para masyarakat Palestina yang harus memperjuangkan kemerdekaan mereka dari tangan Israel setiap hari.

Dukungan terhadap Palestina juga membuat Mia kehilangan kontraknya dengan Majalah Playboy serta podcast Todd Shapiro.

"Mendukung Palestina telah membuat saya kehilangan peluang bisnis saya, namun saya marah terhadap diri saya sendiri karena tidak memerika apakah saya berbisnis dengan Zionis (merujuk pada Playboy) atau tidak. Kesalahanku,” ungkapnya melalui twitter (09/10).

Huda

Deretan Selebriti Dunia Ini Kecam Israel dan Dukung Palestina
(Foto: instagram.com/huda)

Huda Kattan atau lebih dikenal dengan nama Huda yang juga identik dengan brand kosmetik dunia Huda Beauty juga merupakan salah satu selebriti dunia yang mendukung kemerdekaan Palestina atas Israel.

Meski demikian, Huda juga tidak mendukung dan mengungkapkan belasungkawanya atas kekerasan yang akhir-akhir ini dilakukan oleh baik Hamas maupun Israel. Menurutnya, setiap warga sipil tidak patut untuk dibunuh, disandera, hingga menjadi korban dari kejahatan perang.

Huda mengecam perbuatan Israel yang tidak membedakan antara tentara atau pejuang kemerdekaan dengan warga sipil.

“Membunuh anak-anak Gaza selama beberapa dekade, bayi. 50% dari Gaza adalah anak-anak. (Ini adalah) kejahatan perang. Penjajahan tidak akan membawa pada perdamaian. Bebaskan Palestina,“ ungkap Huda melalui instagramnya.  [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic