regional

Desa Ketapanrame di Mojokerto Terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Penulis Ashila Syifaa
Aug 31, 2023
Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id
Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

ThePhrase.id - Desa Wisata Ketapanrame di Mojokerto, Jawa Timur mendapatkan penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik 2023 dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Penghargaan tersebut diumumkan pada malam puncak ADWI 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Minggu, (27/8). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, malam puncak ADWI 2023 merupakan bagian dari catatan perjalanan panjang dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat. 

Tahun ini ADWI diikuti oleh 4.537 desa wisata dari berbagai wilayah di Indonesia dan menjadi bentuk kolaborasi dan konsistensi dari masyarakat bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam membangun desa wisata.

Selain Desa Wisata Ketapanrame, 75 desa wisata terbaik lainnya turut mendapatkan penghargaan untuk meningkatkan inovasi dalam membuka peluang usaha pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, berbasis ekonomi hijau serta mendorong pencapaian 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Daya Tarik Desa Wisata Ketapanrame

Desa Ketapanrame di Mojokerto Terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

Ketapanrame merupakan sebuah nama desa di wilayah kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur yang memiliki wilayah pedesaan, hutan konservasi, hutan produksi, dan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. 

Letaknya di antara dua pegunungan, Gunung Penanggungan dan Welirang membuatnya memiliki udara segar dan keindahan alam yang terjaga.

Selain itu, desa ini juga memiliki tiga destinasi yang indah, yaitu Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan Wisata Sawah Sumber Gempong.

Tak hanya wisata alam saja yang dapat dikunjungi, beberapa destinasi wisata juga dapat dinikmati seperti wisata budaya dan wisata edukasi.

Pada wisata budaya, pengunjung akan disuguhi oleh pertunjukan seni budaya, seperti pencak silat dan bantengan, gamelan, serta Tari Mayang Rontek.

Sedangkan, beberapa wisata edukasi juga dapat dinikmati dengan melihat proses tanam padi, bajak sawah, pembuatan jamu, pembuatan samiler, budidaya maggot hingga pengelolaan sampah. 

Kopi juga menjadi salah satu daya tariknya Desa Wisata Ketapanrame dan dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Mojokerto. [Syifaa]

 

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic