sdgs

Dirut Pertamina dan Pemred Media Nasional Membatik Bersama Disabilitas

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 18, 2023
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional berbincang bersama Disablepreuneur Wawan usai mengikuti pelatihan pembuatan batik  saat acara “Pemred Gathering 2023” yang diselenggarakan di Balkondes Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (16/12/2023). (Foto: Dok. Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional berbincang bersama Disablepreuneur Wawan usai mengikuti pelatihan pembuatan batik saat acara “Pemred Gathering 2023” yang diselenggarakan di Balkondes Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (16/12/2023). (Foto: Dok. Pertamina)

ThePhrase.id - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Persero Nicke Widyawati bersama Direksi Pertamina Group dan Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Nasional melakukan kunjungan ke salah satu Desa Energi Berdikari (DEB) binaan Pertamina, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih, Magelang pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Nicke mengungkap, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara selain berkomitmen untuk menyediakan energi dan mengembangkan energi baru dan terbarukan, juga memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat di area operasi salah satunya di Yogyakarta.

“Selain fokus terhadap bisnis Pertamina, ada aspek lain yang kita lakukan. Karena transisi energi bukan hanya tentang Pertamina tapi tentang masyarakat, tentang Indonesia. Jadi kita harus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bisa bersama-sama berkontribusi di transisi energi. Jadi salah satunya ada Balkondes Wringinputih di Yogyakarta ini,” ujarnya.

Dirut Pertamina dan Pemred Media Nasional Membatik Bersama Disabilitas
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional  berkunjung ke Balkondes Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (16/12/2023). (Foto: Dok. Pertamina)

Dalam kunjungannya, Direksi Pertamina Group beserta sekitar 40 Pemred media nasional melakukan kegiatan unik yaitu membatik di atas kain. Uniknya, membatik kali ini diajarkan oleh salah satu warga penyandang disabilitas.

“Hari ini kita diajarkan membatik bersama warga penyandang disabilitas. Pertamina saat ini berkomitmen untuk membina perempuan dan penyandang disabilitas agar mereka bisa terus berdaya dan mandiri untuk meningkatkan perekonomian bukan hanya untuk keluarga namun juga bisa menghidupi perekonomian untuk desanya,” tambah Nicke.

Wawan, salah satu warga, mengungkap sebelum bisa membatik seperti sekarang, ia menjadi salah satu korban perundungan di sekolah dan membatik menjadi jalan agar ia memiliki rasa percaya diri kembali hingga saat ini. Meski seorang difabel, Wawan bangga memiliki keahlian membatik.

Dirut Pertamina dan Pemred Media Nasional Membatik Bersama Disabilitas
Direktur Utama Pertamina dan sejumlah Pemred Media mencoba produk UMKM binaan Pertamina di Balkondes Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (16/12/2023). (Foto: Dok. Pertamina)

“Dulu saya sering di-bully di sekolah, sampai-sampai saya tidak mau sekolah selama satu tahun. Tapi saat saya kenal dengan batik ini dan mencoba belajar, percaya diri saya jadi meningkat. Hasil dari batik ini juga membuat saya bisa mendapatkan uang dan bisa membantu orang tua. Saya bangga walaupun difabel saya memiliki keahlian yang belum tentu orang lain bisa," jelasnya.

Vice President Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, kunjungan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara Gathering Pemred yang diinisiasi Pertamina. Selain kunjungan UMKM dan Balkondes, Pemred juga mendapatkan penjelasan dari Pertamina Subholding dan Anak Perusahaannya terkait bisnis Pertamina Group, mendiskusikan perkembangan energi terkini serta berdiskusi interaktif. Kunjungan pun dilakukan ke beberapa produk UMKM binaan Pertamina utamanya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk melihat secara langsung kontribusi Pertamina pada masyarakat.

"Dari acara Gathering Pemred, Pertamina memperoleh insight positif. Sehingga, diharapkan Pertamina dapat makin berkiprah untuk memajukan industri, berkontribusi pada masyarakat, serta aspek keberlanjutan untuk mendukung target Net Zero Emission (NZE) dan peningkatan perekonomian Indonesia," kata Fadjar.

Dirut Pertamina dan Pemred Media Nasional Membatik Bersama Disabilitas
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional berbincang bersama Disablepreuneur Wawan usai mengikuti pelatihan pembuatan batik  saat acara “Pemred Gathering 2023” yang diselenggarakan di Balkondes Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (16/12/2023). (Foto: Dok. Pertamina)

Kehadiran Pemred ke Yogyakarta juga untuk berpartisipasi pada helatan Malam Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023, yang diadakan  Jumat 15 Desember. Ajang tahunan ini menjadi momen puncak kompetisi karya jurnalistik Insan Pers se-Indonesia, dimana pada tahun ini Pertamina menerima 2.559 karya untuk diseleksi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic