ThePhrase.id - Bukalapak kembali memperluas komitmennya dalam memberdayakan pelaku UMKM perempuan melalui program Perempuan Jadi Pengusaha - Ulik Resep Usaha Kuliner vol. 2.
Program ini merupakan sesi edukasi yang mengundang Chef Putri Mumpuni untuk berbagi resep mudah dan peluang membangun bisnis kuliner kepada seluruh peserta. Diketahui Bukalapak telah membawa dampak bagi lebih dari 24 juta UMKM di ekosistem BUKA.
Kini melalui program Pelatihan Perempuan Jadi Pengusaha, Bukalapak menghadirkan langkah nyata dari komitmen mereka mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh seluruh pelaku UMKM perempuan.
“Bukalapak ingin memberikan kesempatan yang merata kepada perempuan untuk terus meningkatkan kemampuan berbisnisnya. Dengan begitu, perempuan bisa terus berpartisipasi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional.“ ungkap Natalia Firmansyah, CFO Bukalapak dilansir kontan, Selasa (10/10).
Industri kuliner berhasil menyumbang sekitar 41,69 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp852,24 triliun pada 2022 dan menjadi salah satu industri yang menyerap karyawan paling banyak, yaitu sebanyak 2,46 juta jiwa.
Perempuan Jadi Pengusaha merupakan satu dari berbagai program Bukalapak untuk memberdayakan para wanita melalui pelatihan kewirausahaan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Berbagai pengetahuan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup.
Melalui kegiatan Perempuan Jadi Pengusaha 2022, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga, menyampaikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam menyelamatkan Indonesia dalam situasi krisis.
“Dalam menciptakan wirausaha yang berkelanjutan, perempuan tidak hanya perlu dibekali dengan keterampilan, akses terhadap permodalan maupun literasi keuangan. Literasi digital yang memumpuni tidak kalah penting mengingat platform digital telah memainkan peran kunci dalam mendukung UMKM khususnya yang bergerak di sektor kuliner untuk mengatasi pandemi dan menaikan omset usaha,” ungkap Bintang Puspayoga.
Tahun ini, Perempuan Jadi Pengusaha kembali digelar dengan dukungan dari Bank Indonesia yang juga memiliki berbagai program dalam mendorong UMKM perempuan.
Kegiatan edukasi dari Putri Mumpuni yang merupakan koki, konsultan usaha kuliner dan pemilik restoran ini sukses menarik lebih dari 1.000 peserta dari kalangan pelaku usaha perempuan, mahasiswa dan pelajar melalui kanal zoom dan siaran langsung melalui Youtube Bukalapak dan Mitra Bukalapak.
Selain Perempuan Jadi Pengusaha, Bukalapak juga memiliki program awarding bernama PUJAAN. Progam ini memberi kesempatan kepada para pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan untuk mendapatkan bantuan modal dengan total hadiah lebih dari Rp100 juta dengan membagikan kisah inspiratif mereka melalui media sosial dan memaparkan rencana usahanya pada tim juri.
Ke depannya, Bukalapak akan terus berkomitmen untuk memperkuat program pemberdayaan ini, termasuk kembali menyelenggarakan Perempuan Jadi Pengusaha dan PUJAAN di waktu mendatang. [fa]