leader

Emma Stone: dari Gagal Audisi Berkali-kali Kini Raih Puncak Ketenaran Hollywood

Penulis Firda Ayu
Dec 09, 2023
Emma Stone (Foto: twitter.com/Fandago)
Emma Stone (Foto: twitter.com/Fandago)

ThePhrase.id - Sudah nonton film Poor Things? Film yang dibintangi oleh Emma Stone ini merupakan adaptasi dari novel tahun 90-an dengan judul yang sama.

Memainkan karakter wanita muda dari jaman Victoria, siapakah Emma Stone?

Emily Jean Stone atau lebih dikenal dengan nama Emma Stone merupakan aktris asal Amerika Serikat yang lahir pada 6 November 1988 di Scottsdale, Arizona. Ayahnya, Jeffrey Stone merupakan pendiri dan CEO dari sebuah perusahaan kontraktor sementara ibunya Krista Stone merupakan seorang ibu rumah tangga.

Saat masih bayi, Emma menderita baby colic dan kerap menangis yang mengakibatkan tumbuhnya bintil dan kapalan di pita suara Emma. Ia juga menggambarkan dirinya sebagai pribadi yang keras dan bossy saat remaja. 

Sifatnya yang keras membuatnya kerap menderita serangan panik dan anxiety sehingga mengganggu kemampuan sosialnya. Ia kemudian mengikuti drama di panggung teater lokal untuk menyembuhkan anxiety-nya.

Emma Stone  dari Gagal Audisi Berkali kali Kini Raih Puncak Ketenaran Hollywood
 Emma Stone (Foto: twitter.com/PoorThingsFilm)

Ia mulai akting di usia 4 tahun dan ingin tergabung dalam sketch comedy, namun kemudian mengambil les vokal dan tertarik pada teater musikal. Kesempatan debut akting pertamanya adalah saat ia berusia 11 tahun melalui panggung bertajuk The Wind in the Williows.

Emma makin aktif di dunia akting setelah homeschool dan tercatat tampil di 16 produksi di Phoenix's Valley Youth Theatre, termasuk pada karya The Princess and the Pea, Alice's Adventures in Wonderland, dan Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat.

Ingin makin fokus pada kariernya sebagai aktris, Emma bahkan membuat PPT atau presentasi untuk orang tuanya berjudul Project Hollywood agar orang tuanya mengizinkannya untuk pindah ke California. 

Pada masa ini, Emma juga banyak mengikuti audisi di Nickelodeon dan Disney Channel meski gagal mendapatkan peran di berbagai audisi tersebut.

“Saya hadir di setiap acara Disney Channel dan mengikuti audisi untuk memerankan putri di setiap sitkom,” “Saya akhirnya tidak mendapatkan (peran) apa pun,” kenang Emma Stone dilansir people. 

Awal Karier Emma Stone di Hollywood

Bertekad kuat untuk mengejar mimpinya, Emma menjalani audisi di tengah kelas online dan kerja part-time yang ia lakukan. Beruntung, ia berhasil mendapat peran televisi pertamanya The New Partridge Family (2004) serta tampil pada Lucky Louie.

Terlepas dari ketertarikan awalnya, Emma mengalami tantangan dalam menemukan identitasnya di dunia hiburan yang kompetitif serta gagal mendapatkan peran pada drama Heroes (2007), yang ia sebut sebagai titik terendahnya.

Setelah melalui berbagai kegagalan, Emma Stone mulai mendapat perhatian melalui peran pendukung di film Superbad (2007) yang membuatnya meraih penghargaan Exciting New Face dari Young Hollywood Award.

Namanya juga mulai memiliki tempat di dunia perfilman Hollywood melalui perannya sebagai penipu ulung dan survivor dari serangan zombie pada film horor komedi, Zombieland (2009). Film ini sukses secara komersial dengan pendapatan $102,3 juta, akting Emma pun tak luput dari perhatian publik dengan berbagai respon positif.

Emma Stone  dari Gagal Audisi Berkali kali Kini Raih Puncak Ketenaran Hollywood
Emma Stone dalam film La La Land (Foto: britannica.com) 

Terobosan dalam karier Emma Stone datang melalui film Easy A (2010), di mana ia memainkan peran utama sebagai Olive Penderghast. Penampilannya dalam film ini menuai pujian kritis dan ia mendapatkan nominasi di Golden Globe Awards pada kategori Best Actress in a Motion Picture. 

Ia juga memenangkan penghargaan Best Comedic Performance di MTV Movie & TV Awards dan Choice Movie Actress dari Teen Choice Awards. Film ini menjadi tonggak penting dalam karier Emma dan mampu membuktikan bahwa aktingnya dapat diperhitungkan di Hollywood. 

Aktingnya makin berkembang dengan berbagai film maupun drama ternama yang ia perankan, mulai dari Crazy, Stupid, Love (2011), The Help (2011), The Amazing Spider-Man 1 dan 2 (2012, 2014), Birdman (2014), La La Land (2016).

Adu akting Emma Stone dan Ryan Gosling sebagai Mia Dolan dan Seb Wilder dalam film musikal La La Land meraih pujian luas. Melalui film ini, Emma memamerkan keterampilan menyanyi dan menarinya. Film ini juga berhasil membawa Emma mendapat penghargaan sebagai Best Actress di Academy Awards tahun 2017.

Keberhasilan besar La La Land membawa Emma terus mengeksplorasi berbagai genre film. Dia terlibat dalam proyek-proyek seperti Battle of the Sexes (2017), di mana ia memerankan karakter Billie Jean King, dan The Favourite (2018), di mana ia mendapatkan pujian atas perannya sebagai Abigail Masham. 

Kedua film tersebut menunjukkan fleksibilitas akting Emma dan kemampuannya dalam membawa karakter yang beragam dengan sempurna.

Emma Stone  dari Gagal Audisi Berkali kali Kini Raih Puncak Ketenaran Hollywood
Emma Stone sebagai Cruella de Vil (Foto: disney.fandom.com)

Selain itu, Emma juga berhasil memerankan karakter ikonik yaitu Estella von Hellman / Cruella de Vil dalam film Cruella yang tayang tahun 2021. Film ini sukses komersial dan berhasil meraih pendapatan $233 juta secara global dengan karakter Estella yang meraih berbagai respon positif dari masyarakat.

Karya terbarunya Emma, Poor Things dengan karakter Bella Baxter yang ditayangkan pada Venice International Film Festival ke-80 berhasil memukau audiens hingga memenangkan penghargaan tertinggi di festival ini, Golden Lion.

Bakat akting Emma yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan berbagai genre film, ditambah dengan keterampilan menyanyi dan menari yang brilian, mengantarkannya pada puncak ketenaran Hollywood sebagai salah satu aktris paling dicari dalam industri hiburan. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic