
ThePhrase.id - PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports mulai melakukan penyesuaian operasional untuk empat maskapai penerbangan rute domestik di Terminal 1B Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Langkah ini merupakan bagian dari upaya menjaga keseimbangan layanan di bandara tersebut.
Terminal 1B telah beroperasi kembali sejak 15 Maret 2025 setelah melalui revitalisasi guna meningkatkan kenyamanan dan kelancaran layanan. Pengoperasian kembali Terminal 1B awalnya melayani rute domestik maskapai Citilink, dan kini empat maskapai lainnya akan dialihkan ke terminal tersebut.
Melansir Antara News, General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Heru Karyadi, mengungkapkan bahwa penataan ini telah dilakukan secara betahap mulai dari Senin (17/11), dengan perpindahan operasional maskapai Lion Air dan Airfast Indonesia ke Terminal 1B untuk seluruh penerbangan domestik dari dan menuju Jakarta (CGK).
Selanjutnya, pada Selasa (18/11) perpindahan akan dilakukan untuk maskapai Sriwijaya Air dan NAM Air yang mulai melayani penerbangan domestik melalui Teriman 1B. Dengan demikian, Terminal 1B menjadi zona layanan bagi empat maskapai domestik tersebut.
Heru Karyadi mengatakan bahwa upaya penyesuaian ini merupakan rangkaian dari penguatan struktur operasional Terminal 1 yang sebelumnya telah diawali dengan perpindahan keseluruhan operasional Citilink rute domestik ke Terminal 1C pada 12 November 2025, bersamaan dengan pemberlakuan operasional Terminal 1C.
Selain itu, penataan operasional ini dirancang untuk memastikan penumpang penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dapat memperoleh pengalaman baru dalam perjalanan yang lebih tertata. "Rebalancing layanan di Terminal 1 ini dilakukan agar pergerakan penumpang dapat berjalan lebih lancar dan maskapai memiliki ruang operasional yang semakin optimal," jelas Heru Karyadi.
Selain untuk menjaga keseimbangan layanan, upaya ini juga untuk menjaga kualitas layanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selain melakukan penyeimbangan layanan di Terminal 1 koordinasi intensif yang dilakukan bersama seluruh maskapai dan pihak terkait untuk memastikan kelancaran masa transisi.
"Kami memastikan seluruh proses perpindahan berjalan aman, terkoordinasi, serta didukung oleh petugas di lapangan. Harapannya, penumpang dapat merasakan pengalaman yang lebih nyaman dan tidak mengalami kebingungan saat menuju terminal keberangkatan," lanjutnya.
Sebagai bagian dari implementasi penataan ini, Bandara Soekarno-Hatta mengimbau para penumpang Lion Air, Airfast Indonesia, Sriwijaya Air, dan NAM Air untuk memastikan kembali informasi jadwal penerbangan serta terminal keberangkatan pada tiket, aplikasi maskapai, dan kanal resmi lainnya.
"Penumpang diharapkan tiba lebih awal serta memperhatikan signage dan arahan petugas di area terminal untuk memastikan proses check-in dan boarding berjalan lancar," tutupnya. [Syifaa]