Erick Thohir, Capres Terkuat dari Klaster Manteri

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Bagi anda yang biasa menarik uang di ATM Bank pemerintah, Anda pasti sering melihat video pendek Menteri BUMN, Erick Thohir di layar ATM yang berbicara tentang AKHLAK. AKHLAK adalah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, yang merupakan nilai dasar yang wajib dipegang seluruh BUMN.

Pertanyaan menggelitiknya adalah mengapa harus Erick yang menyampaikan nilai dasar BUMN itu? Isi pesannya itu ditujukan untuk siapa? apakah semua yang menggunakan ATM itu pimpinan atu karyawan BUMN? Akan sangat panjang daftar pertanyaannya jika ingin diteruskan. Akan lebih panjang lagi jika pertanyaan serupa ditujukan pada video dialog Erick dengan penjaga toilet SPBU.

Jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dipersingkat jika ditarik ke Pilpres 2024 mendatang. Ya, itu semacam kampanye untuk melekatkan memory public pada sosok Erick Thohir. Karena itu, maka semua komponen komunikasi sudah tidak relevan lagi dipersoalkan karena tujuan dari video dan grafik itu untuk menaikkan elektabilitas.

Erick Thohir. (Foto: instagram/erickthohir)

Dengan elektablitas saat ini 1,8 % mengungguli Puan Maharani dan Airlangga Hartarto, Erick Thohir sudah memiliki modal awal yang cukup meyakinkan untuk terus melaju.

Tahun 2024 itu adalah rentang waktu yang singkat untuk persiapan seseorang yang ingin berkompetisi. Maka wajar jika Erick Thohir sudah mulai bergegas. Tidak sekadar video pendek untuk disebar di berbagai flatform tetapi tim sukses pun sudah mulai bergerilya.

Sejauh ini, paling tidak sudah ada 4 kelompok relawan yang menyatakan mendukung Erick sebagai Calon Presiden 2024. Terbaru, Relawan Barisan Erick Thohir (ET) 2024, yang mendeklarasikan diri Sabtu (18/12). Ketua Umum Relawan Barisan ET 2024 Muhammad Guntur mengatakan dukungan itu diberikan oleh para pengurus relawan di DKI Jakarta dan Depok.

“Erick Thohir adalah putra terbaik bangsa yang pantas didukung menjadi pemimpin Indonesia berikutnya,” kata Guntur.

Awal Desember lalu, Relawan Indonesia Moeda juga sudah mendeklarasikan diri. Koordinator Nasional Relawan Indonesia Moeda, Bambang Priakusuma beralasan Erick layak didukung karena Menteri BUMN itu adalah tokoh yang banyak berkiprah baik sebagai pengusaha, professional maupun praktisi .

Sebelumnya, dua kelompok relawan lain yang mendukung Erick Thohir maju sebagai peserta Pilpres 2024 mendatang, yakni Pendukung Cinta Republik (PCR) dan Relawan Kerja Erick Thohir.

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, mengungkapkan adanya dorongan dari internal PPP untuk memberikan kesempatan kepada Menteri BUMN, Erick Thohir, agar maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.
“Di internal memang ada suara juga kalau Pak Erick diberikan kesempatan lewat PPP. Ya namanya sebagai sebuah usulan dan aspirasi ya wajar-wajar aja kami terima,” kata Baidowi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (17/12).

Cukup beralasan jika Erick Thohir ingin mengadu peruntungan di tahun 2024. Meski latar belakangnya bukan seorang politisi tetapi sebagai seorang pengusaha nasional yang sukses ditambah pengalaman sebagai menteri selama ini telah memberinya modal yang lebih dari cukup untuk maju sebagai Calon Presiden. Apalagi saat ini dia sudah mengantongi elektabilitas yang cukup meyakinkan. Berada di 10 besar di bursa capres 2024, Erick Thohir mengungguli Puan Maharani dan Airlangga Hartarto.

Elektabilitas itu masih sangat mungkin untuk terus digenjot. Posisi sebagai Menteri BUMN memberi ruang gerak yang sangat leluasa untuk melakukan berbagai manuver. Keberhasilan menjaga atau menaikkan kinerja BUMN selama ini juga telah menjadi “porto folio” sukses yang harus terus dirawat.

Maka tak heran ketika Ahok menyinggung soal banyaknya kontrak bisnis BUMN yang merugikan perusahaan pelat merah, seperti Pertamina, Arya Sinulingga selaku Staf Khusus Menteri BUMN bertindak sigap dengan memberikan teguran kepada Komisaris Utama PT Pertamina itu.

“Jangan sampai Pak Ahok ini di Pertamina jadi komisaris berasa direktur gitu. Komut rasa Dirut tuh. Jangan. Harus tahu batasan-batasannya,” kata Arya ketika itu.

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai, peluang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 cukup terbuka. Menurutnya, Erick punya keunggulan karena merupakan tokoh non partai politik (parpol). Herry berpendapat, kepercayaan publik terhadap tokoh parpol kian terkikis. Apalagi dengan sederet kasus korupsi yang didalangi oleh tokoh parpol.

“Trust masyarakat sepertinya berkurang ke tokoh parpol, kalau non parpol pasti dianggap profesional dan tidak langsung dapat diintervensi secara politik,” kata Herry beberapa waktu lalu.

Sementara Direktur Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai Erick Thohir merupakan kandidat paling kuat dari klaster menteri yang potensial maju dalam kontestasi Pilpres 2024 . Menurutnya, Erick memiliki banyak prestasi dan capaian selama menjabat sebagai Menteri BUMN. Hal itu menjadi modal awal untuk elektoral Erick Thohir pada Pemilu 2024.

“Prestasi dan capaian Erick Thohir saat ini adalah bagian dari bonus elektoral modal untuk Pilpres 2024,” kata Pangi.

Apa yang disampaikan Pangi didukung data yang dirilis Voxpol April 2021. Lewat survei nasional, Voxpol mendapati bahwa Erick Thohir adalah salah satu Menteri Jokowi dengan kinerja yang dianggap publik terbaik. Survei simulasi Voxpol Center pun menempatkan Ganjar Pranowo bersama Erick sebagai calon duet pasangan terkuat pada Pilpres 2024 mengalahkan pasangan Anies-Sandi dan Prabowo – Puan.

Apakah keunggulan Erick di atas papan survei ini juga sama hasilnya dengan hasil di atas lapangan? Kita tunggu 2024 mendatang. (Aswan AS)

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you