e-biz

Event By Indonesia: Platform Digital Kemenpar untuk Informasi Event di Indonesia

Penulis Firda Ayu
Jul 23, 2025
(Foto: facebook/Event By Indonesia)
(Foto: facebook/Event By Indonesia)

ThePhrase.id – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) resmi meluncurkan Event By Indonesia, sebuah platform digital yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi lengkap seputar berbagai event yang digelar di seluruh Indonesia.

Diluncurkan pada Senin, 7 Juli 2025, Event By Indonesia hadir dalam bentuk akun media sosial resmi di Instagram, TikTok, dan YouTube. Platform ini menyajikan informasi lengkap seputar acara dari enam kategori Wonderful Event, yakni Musik, Kreatif, Kuliner, Olahraga & Kesehatan, Seni & Budaya, serta Karnaval.

Tak hanya itu, Event By Indonesia juga mencakup berbagai skala penyelenggaraan acara mulai dari internasional, nasional, daerah, hingga MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), serta event-event unggulan yang tergabung dalam program Karisma Event Nusantara (KEN).

"Kehadiran Event By Indonesia diharapkan dapat mempermudah akses informasi kepada masyarakat, baik lokal maupun internasional, untuk menikmati beragam event menarik yang ada di Indonesia," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Vinsensius Jemadu.

Lebih lanjut, Vinsensius juga menambahkan bahwa Event By Indonesia menjadi bagian dari upaya Kemenpar RI dalam mempromosikan Indonesia sebagai destinasi unggulan dengan berbagai event berkualitas yang mendukung sektor pariwisata.

Melalui akun resmi ini, masyarakat bisa menemukan informasi seputar jadwal event, line-up penampil, rundown acara, pembelian tiket, hingga pilihan akomodasi yang tersedia di sekitar lokasi acara. 

Bahkan, informasi tambahan seperti referensi destinasi wisata alam, budaya, dan kuliner di sekitar lokasi event juga turut dihadirkan, menjadikan platform ini sebagai panduan lengkap untuk merencanakan perjalanan wisata di Indonesia.

Sebagai bagian dari promosi, kegiatan online to offline (O2O) activation juga akan digelar di berbagai event. Aktivasi ini bertujuan untuk membangun interaksi langsung dengan pengunjung, di mana mereka diajak membagikan keseruan event melalui Instagram Story dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik.

Event By Indonesia pun mengusung konsep sustainability dan festivity, dua nilai yang menyeimbangkan antara kemeriahan acara dan kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan, event-event yang dipromosikan melalui platform ini tak hanya menyuguhkan hiburan, tapi juga memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai platform ini, masyarakat dapat mengunjungi situs resmi www.indonesia.travel atau mengikuti akun Instagram Event By Indonesia. [fa]

Tags Terkait

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic