leader

Fabienne Nicole, Miss Universe Indonesia yang Peduli Hewan hingga KDRT

Penulis Firda Ayu
Aug 06, 2023
Fabienne Nicole (Foto: instagram.com/missuniverse_id/)
Fabienne Nicole (Foto: instagram.com/missuniverse_id/)

ThePhrase.id – Nama Fabienne Nicole sedang banyak dibicarakan publik berkat penobatannya sebagai Miss Universe Indonesia 2023. Fabienne menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menyandang gelar bergengsi tersebut.

Fabienne berhasil mengalahkan 29 finalis lain dari seluruh Indonesia dan mendapatkan gelar Miss Universe Indonesia dan Miss Confidently Beautiful. Namanya diumumkan sebagai pemenang dalam acara Grand Final Miss Universe Indonesia 2023 di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, pada Kamis (3/8). 

Bagaimanakan perjalanan Fabienne Nicole hingga menjadi Miss Universe Indonesia?

Fabienne Nicole Groeneveld atau lebih dikenal dengan sebutan Fabienne lahir pada 27 Desember 1999 di Spijkenisse, Belanda. Sebelum menjadi Miss Universe Indonesia, perempuan berusia 24 tahun ini sudah tak asing dengan dunia modelling dan memulai kariernya sebagai model.

Fabienne Nicole  Miss Universe Indonesia yang Peduli Hewan hingga KDRT
Fabienne Nicole (Foto: instagram.com/missuniverse_id/)

Ia menempuh pendidikan formal jenjang S1 di Universitas Pelita Harapan pada jurusan International Business Management dan berhasil lulus di tahun 2019. Saat masih menjadi mahasiswa, nama Fabienne telah dikenal berkat keikutsertaannya pada ajang Miss Global Indonesia pada tahun 2018.

Lulusan SMA dari Sekolah Ciputra Surabaya ini melakukan berbagai persiapan mulai dari catwalk, public speaking, penampilan hingga kepribadian untuk mengikuti kompetisi ini. Dilansir SINDONews, Fabienne yang saat itu mengenakan gaun Garuda karya Diana Putri harus bersaing dengan perwakilan yang berasal lebih dari 70 negara. 

Tak tanggung-tanggung, pada kontes yang digelar di Manila Filipina ini, Fabienne berhasil keluar sebagai pemenang dan menyandang gelar Miss Global Indonesia 2018. Dalam kontes ini ia juga meraih beberapa prestasi, yaitu Miss Global International 2018 Top 20, Miss Photogenic, hingga Best in Evening Gown.

Peduli Hewan hingga KDRT

Fabienne Nicole  Miss Universe Indonesia yang Peduli Hewan hingga KDRT
Fabienne Nicole (Foto: instagram.com/fabienne_fng/)

Usai berpartisipasi dalam Miss Global 2018, Fabienne aktif pada berbagai kegiatan kampanye, salah satunya Save the Animals. Dilansir suara.com, perempuan lulusan S2 University of New South Wales dan Australian Graduate School of Management ini juga tergabung dalam Surabaya Animal Care Community bekerja sama dengan Dog Meat Free Indonesia.

Bersama organisasi tersebut, ia mengkampanyekan larangan perdagangan dan pemotongan anjing sebagai daging konsumsi di Indonesia.

Selain itu, ia juga sosok yang peduli dengan korban kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT. Fabienne mendirikan organisasi peduli KDRT dengan nama Empower Now.

Setelah menyandang gelar Miss Universe Indonesia 2023 dan mengenakan mahkota The Shimmering Hope, Fabienne akan mewakili Indonesia dalam kontes Miss Universe 2023 yang akan diadakan pada November 2023 di El Salvador. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic