Fathia Izzati, Belajar Berbagai Aksen di Dunia Hingga Jadi Vokalis Reality Club

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Fathia Izzati adalah seorang penyanyi dari grup musik Reality Club dan juga seorang youtuber Tanah Air. Ia pertama kali dikenal melalui video yang ia unggah di kanal youtubenya, di mana ia menunjukkan bakatnya berbicara berbagai aksen di dunia.

Kepiawaiannya dalam berbahasa dan mengerti serta menirukan berbagai aksen bahasa Inggris dan bahasa lain berasal dari pengalamannya tinggal di berbagai belahan dunia. Fathia adalah anak dari seorang diplomat. Masa kecilnya ia habiskan dari satu negara ke negara lainnya.

Ia pernah tinggal di negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, dan lain-lain. Sang ayah adalah diplomat yang pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal Republik Indonesia di beberapa negara, salah satunya adalah di Jeddah, Arab Saudi.

Fathia Izzati. (Foto: Instagram/kittendust)

Kendati demikian, berpindah tempat tinggal dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mudah. Begitu juga dengan Fathia yang menyatakan bahwa ia harus mampu beradaptasi dengan cepat di negara baru tempatnya tinggal. Ia menghabiskan 3-4 tahun di negara orang, kemudian dua tahun di Indonesia, dan kembali lagi ke negara orang.

Dilansir dari wawancaranya dengan Popbela, meski tidak mudah sering berpindah negara, Fathia tidak kesulitan membuat teman di negara tempatnya tinggal. Bahkan, ia memiliki teman dekat dari berbagai belahan negara. Dengan memiliki banyak teman dari berbagai negara, Fathia jadi belajar banyak hal, salah satunya adalah perbedaan.

“Perbedaan menurut aku itu adalah sesuatu yang bisa aku pelajari dan menambah wawasan tersendiri. Perbedaan norma yang kecil-kecil menambah wawasan aku dan bikin aku belajar lagi kalau memang setiap negara atau setiap tempat pasti punya perbedaan masing-masing, dan itu unik,” ujar Fathia melansir Popbela.

Fathia Izzati. (Foto: Instagram/kittendust)

Meskipun telah berkelana, Fathia masih memegang teguh nilai-nilai budaya Indonesia. Sopan santun seperti bersalaman dengan orang yang lebih tua dan memanggil orang yang lebih tua dengan titel-nya merupakan dua hal yang selalu ia pegang. Ia juga masih menggunakan bahasa Indonesia di rumahnya.

Fathia kemudian kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 82 Jakarta dan melanjutkan jenjang pendidikan tingginya di Universitas Indonesia. Ia lulus dari Fakultas Hukum sebagai sarjana hukum pada tahun 2018.

Selama masa kuliahnya, ia juga membuat konten-konten video yang ia unggah pada kanal youtubenya. Video pertamanya adalah ’21 Accents’ yang membuatnya terkenal. Kemudian ia rajin memposting video cover lagu dengan ukulelenya.

Fathia Izzati. (Foto: Instagram/kittendust)

Yap, perempuan kelahiran September 1994 ini juga pandai bernyanyi dan bermain alat musik. Tak jarang  ia membuat lagu secara ‘iseng’ dan ia unggah di youtubenya seperti ‘The Skripsi Song (A Song About Procrastination)’, sebuah lagu yang menceritakan kementokkan dirinya saat menulis skripsi tetapi dikemas secara jenaka.

Setelah lulus, Fathia bekerja di sebuah firma hukum. Ia sangat bersemangat untuk bekerja di law firm. Namun, pekerjaan di bidang hukum tidaklah mudah. Menurutnya, pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang padat. Ia yang juga telah terlebih dahulu terjun di dunia industri kreatif harus membagi waktunya secara bijak.

“Memang ini pekerjaan yang padat banget. Maksudnya, ketika kamu bergabung dengan sebuah perusahaan yang stable seperti itu, sekalinya masuk kamu akan langsung diberikan jadwal yang padat dari Senin sampai Jumat. Jadi, aku nggak bisa lagi deh kalau ada shooting di weekday,” tutur Fathia.

Fathia Izzati. (Foto: Instagram/kittendust)

Ia memberikan waktu pada pekerjaan dunia hiburannya pada akhir pekan, karena di hari biasa ia bisa pulang hingga jam 12 malam. Setelah masa percobaan berakhir, ia memutuskan untuk fokus pada industri kreatif. Karena di waktu yang sama ia juga telah menjadi vokalis pada band yang ia bangun bernama Reality Club.

Reality Club adalah band beraliran musik indie rock yang dibentuk oleh Fathia dan beberapa rekannya. Ia membuat grup musik ini pada April 2016 saat dirinya masih duduk di bangku kuliah. Salah satu anggota bandnya adalah kakaknya sendiri, yakni Faiz Novascotia Saripudin.

Kini, Fathia yang baru saja menikah pada 2021 silam memiliki kesibukan manggung masih dengan Reality Club, sebagai public figure dan influencer di sosial media, dan juga youtuber dengan menggunggah konten-konten edukatif dan juga konten kehidupan pribadinya. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you