Festival Pinisi 2022, Melihat Parade Perahu Katinting dan Kemegahan Kapal Pinisi

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Festival Pinisi 2022 merupakan salah satu event tahunan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang memamerkan aneka perahu ketinting dan kemegahan kapal Pinisi. Festival ini juga menampilkan berbagai budaya khas Sulawesi Selatan. Agenda ini juga masuk dalam 100 event “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2022.

Tahun ini Festival Pinisi diselenggarakan pada 14 – 17 September 2022. Festival tahun ke-12 ini mengusung tema “Pariwisata Bangkit, Ekonomi Pulih, Masyarakat Sejahtera”. Festival ini juga salah satu event yang telah lolos kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Selain memamerkan beragam kapal dan seni budaya, festival ini bertujuan melestarikan tradisi dan adat istiadat turun-temurun.

Parade kapal. (Foto: Indonesia.travel)

Berbeda dari festival lainnya, Festival Pinisi akan dilakukan di perairan untuk melihat parade perahu yang unik dengan layar warna-warni. Tak hanya kapal Pinisi saja, ada juga perahu katinting yang merupakan kapal tradisional Sulawesi yang ikut juga dalam parade tersebut.

Pengunung akan disuguhi berbagai ragam budaya dalam pembuatan kapal Pinisi. Karena bagi masyarakat Bulukumba, pembuatan kapal Pinisi seperti melahirkan anak, sehingag tidak dilakukan dengan sembarangan.

Dalam prosesnya, masyarakat Bulukamba harus melakukan beberapa ritual terlebih dahulu seperti permohonan kelancaran, permintaan keselamatan dan keberkahan hingga proses mendorong perahu yang sudah jadi untuk mengarungi lautan lepas.

Pesona pantai Kaluku. (Foto: Indonesia.travel)

Proses ritual atau seremoni ini merupakan salah satu tradisi yang sudah turun menurun dari nenek moyang masyarakat Bulukumba. Tak hanya tradisi tersebut yang ditampilkan pada event ini, pengunjung juga dapat melihat berbagai seni khas lainnya milik Sulawesi seperti tarian dan musik tradisionalnya.

Sembari menikmati raingkaian acara pada event ini, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam Bulukamba, seperti menginap di Pantai Kaluku. Di sini pengunjung dapat menikmati hamparan pasir putih dan jernihnya air laut yang memanjakan mata. Untuk menginap di Pantai Kaluku ada dua pilihan yaitu di penginapan yang disediakan atau dengan menggunakan tenda yang tentunya menambah pengalaman berlibur.

Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi hidden gem di Pantai Kasuso yang menawarkan pemandangan unik. Dengan baru karang yang membentang di laut, bisa dijadikan spot foto yang unik dan menarik. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you