sdgs

Fordigi Goes to Campus, Pertamina Dukung Kesiapan Talenta Digital Muda

Penulis Rangga Bijak Aditya
May 24, 2023
Fordigi Goes to Campus, Pertamina Dukung Kesiapan Talenta Digital Muda
ThePhrase.id - Melalui ajang Forum Digital (Fordigi) BUMN Goes to Campus, PT Pertamina (Persero) mendorong kesiapan pemanfaatan teknologi dari talenta muda. Program ini merupakan inisiasi Kementerian BUMN untuk mewujudkan ekosistem digital mulai dari lingkungan universitas di Tanah Air.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama dengan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah serta jajaran manajemen Pertamina berfoto di depan booth Pertamina saat acara Fordigi (forum digital) BUMN Goes To Campus yang diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/05/2023). (Foto: Istimewa)


Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beserta manajemen Pertamina menjadi Narasumber pada program Fordigi BUMN Goes To Campus Chapter #1 di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/05/2023). Dengan Tema “Break Away from Conventional Thinking, Find Your Next Big Business Idea”, kegiatan diharapkan mendorong mahasiswa mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dalam menghadirkan berbagai pembaharuan bagi lingkungan di sekitarnya, serta mampu memahami aspek digitalisasi dalam proses bisnis dalam memanfaatkan kekayaan ekosistem bisnis digital.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, digitalisasi dapat terwujud dan harus dimulai dari kampus karena tantangan yang paling besar adalah kesiapan sumber daya manusia.

“Program ini inisiatif yang baik sekali dari Kementerian BUMN karena tantangan yang paling besar adalah kesiapan 'human capital' Indonesia. Mahasiswa bisa memilih pengembangan diri sesuai dengan kompetensi dan skill yang diperlukan untuk masa depan yang tentunya berbasis digitalisasi," ujar Nicke.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Istimewa)


Nicke menambahkan, Fordigi memberikan kesempatan baik untuk pengembangan bisnis ke depan. Pertamina sebagai mitra Kementerian BUMN berperan pada pengembangan ekosistem dan talenta digital berstandar global.

Arif Purwanto Kaban Mahasiswa Jurusan Bioteknologi ITB mengatakan Fordigi sangat bermanfaat dan menyenangkan. Selain diberikan ilmu digitalisasi, narasumber yang dihadirkan juga tidak sembarangan, melainkan yang paham betul tentang digitalisasi terkini.

“Pertamina menurut saya salah satu lembaga yang dikenal dan menjawab kebutuhan masyarakat. Pertamina juga sudah menjalankan Program transformasi digital sistem development plan yang terintegrasi antara anak perusahaan untuk menjamin optimasi produksi migas yang berkesinambungan dan selaras dengan program kerja perusahaan dan target pemerintah," kata Arif.

Tidak hanya Arif, Mahasiswa Jurusan Sains Kebumian ITB Muhammad Yusril Iqbal Habibana menambahkan, Ketika dunia terpaku di era disrupsi dengan pandemi ternyata Pertamina sudah menyiapkan strategi salah satunya dengan menggunakan digitalisasi.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, pihaknya akan terlibat secara aktif dalam program Fordigi ini. "Dengan menggandeng 10 Universitas, Fordigi Goes to Campus diharapkan dapat menjadi wadah bagi insan mahasiswa dalam memahami kontekstual, trend, tantangan, serta potensi yang ada di era digitalisasi," jelas Fadjar. (Rangga)

Tags Terkait

-
 
Related News
Popular News
 

News Topic