e-biz

Future Menu dari Unilever Food Solutions Angkat 3 Tren Kuliner Indonesia

Penulis Firda Ayu
Dec 19, 2023
Tiga Trend Kuliner untuk Masyarakat Indonesia (Foto: unileverfoodsolutions.co.id)
Tiga Trend Kuliner untuk Masyarakat Indonesia (Foto: unileverfoodsolutions.co.id)

ThePhrase.id - Setelah meluncur secara global, Unilever Food Solutions meluncurkan Future Menu di Indonesia. Future Menu merupakan panduan tren kuliner yang bertujuan menginspirasi restoran dan pemilik bisnis di industri hotel, restoran dan kafe. Panduan ini didasarkan pada riset yang melibatkan lebih dari 1603 chef dari 21 negara. 

Future Menu dapat menjawab selera dan minat konsumen yang merupakan salah satu fokus para pelaku bisnis di industri horeka yang perlu memperbarui konsep menu spesial dan tematik secara berkala. Proses ini menjadi tantangan bagi pelaku bisnis dalam melakukan kreasi menu dan menemukan bahan-bahan yang sesuai.

Unilever Food Solutions hadir untuk memberikan inspirasi dan mendukung pengembangan menu kreatif melalui Future Menu yang terdiri dari 24 menu. Menu-menu ini dapat mendukung para chef dan pelaku bisnis di Indonesia untuk menghadirkan konsep dan kreasi menu yang inovatif dalam memanfaatkan berbagai bahan pangan.

“Industri kuliner saat ini menjadi salah satu industri yang sangat kompetitif dan mendapatkan banyak perhatian di Indonesia. Kehadiran Future Menu memberikan inspirasi melalui berbagai variasi resep, teknik memasak, dan eksplorasi pilihan bahan makanan sehingga operator restoran dapat melakukan lebih banyak kreasi menu bagi konsumen setianya,” ungkap Gemita Pasaribu, Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia dilansir keterangan tertulis, 8 Desember 2023. 

Secara global, Unilever Food Solutions menghadirkan delapan tren Future Menu yaitu: Modern Comfort Food, Irresistible Vegetables, Wild & Pure, Flavor Contrast, Feel Good Food, The New Sharing, Mindful Proteins dan Low Waste Menus.

Future Menu dari Unilever Food Solutions Angkat 3 Tren Kuliner Indonesia
Future Menu (Foto: unileverfoodsolutions.co.id)

Sementara di Indonesia, tiga dari delapan tren menu tersebut diidentifikasi sangat relevan dengan budaya dan perilaku konsumen Indonesia, yaitu:

1. Modernized Comfort Food

Transformasi hidangan klasik menjadi hidangan modern. Hidangan comfort food atau hidangan rumahan masih menjadi makanan pilihan masyarakat. Makanan ini tidak hanya mengenyangkan tetapi juga memberikan sumber kehangatan dan kenyamanan bagi yang menyantap.

Agar makin menarik, hidangan comfort food dikreasikan menjadi lebih modern melalui inovasi bahan dan teknik memasak seperti pada salah satu hidangan Future Menu 2023 yaitu Seblak Fung Zau. Hidangan ini menghadirkan inovasi pada seblak melalui kelembutan ceker dengan aroma kencur pada bumbu seblak.

2. Feel Good Food

Tren ini hadir sebagai inovasi hidangan berkelas yang tidak hanya memperhatikan rasa, tetapi juga memperhatikan segi kesehatan, keseimbangan rasa, dan nutrisi. Salah satu kuliner klasik khas Indonesia yang ditransformasikan dalam tren Feel Good Food adalah Nasi Goreng Bit Cakalang. 

Nasi goreng ini dilengkapi dengan jali (Barley) yang kaya serat, buah bit, dan cakalang sebagai alternatif bahan yang lebih sehat.

“Dengan melakukan eksplorasi pilihan bahan alternatif rendah lemak jenuh, potongan daging yang lebih lean dan berkualitas, serta olahan saus yang lebih ringan, konsep hidangan ini dapat menjawab keinginan konsumen akan hidangan yang penuh cita rasa dan lebih sehat,” ungkap Chef Devina Hermawan dalam peluncuran Future Menu.

3. The New Sharing

Terinspirasi oleh tradisi kebersamaan dalam budaya Indonesia yang selalu identik dengan menu makanan yang kerap dinikmati bersama, tren ini menawarkan hidangan yang dapat dinikmati bersama seperti Gorengan Platter. 

Gorengan platter berisi ragam gorengan, mulai dari pisang goreng telur emas, bakwan nori, dan cipokki (cireng tteokbokki). Tren The New Sharing tak hanya menjadi alternatif yang lebih hemat namun juga sebagai pilihan pas dalam menikmati makanan bersama-sama.

Melalui Future Menu, Unilever Food Solutions berharap dapat meningkatkan pengalaman konsumen terhadap makanan Indonesia serta semakin mendorong pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic