Gabung Metaverse, Forever 21 Luncurkan Toko Virtual dengan Roblox

- Advertisement -spot_imgspot_img

 

ThePhrase.id – Jika kini masyarakat telah familiar dengan dunia maya, kini muncul lagi dunia virtual atau metaverse yang sedang banyak di perbincangkan.

Dilansir dari TheVerge, Mark Zuckerberg menyebut bahwa metaverse lebih dari sekadar dunia virtual, melainkan mixed reality (MR) yang memadukan digital dan dunia nyata menggunakan virtual reality (VR) serta augmented reality (AR).

Metaverse sendiri disebut-sebut sebagai gambaran masa depan dan mampu menjadi pengganti internet. Melalui metaverse, kita dapat melakukan berbagai hal seakan-akan berada di dunia nyata seperti bekerja, bermain game, jual-beli, membangun kota sampai menonton pertunjukan.

Telah banyak perusahaan-perusahaan besar yang tergabung dalam metaverse seperti Adidas, Nike bahkan brand mewah Gucci. Melihat peluang ini, Forever 21 sebagai salah satu brand Fashion Retail terkenal di dunia juga mencoba peruntungannya di dunia metaverse ini.

Forever 21 bergabung sebagai partner eksklusif Virtual Brand Group, sebuah perusahaan metaverse untuk membangun toko fashion retail virtual mereka, ‘Forever 21 Shop City’ di Roblox. Roblox sendiri merupakan platform global di metaverse yang dibuat untuk berbagi pengalaman dari puluhan penggunanya setiap hari.

Forever 21 Shop City (Foto: Virtual Brand Group)

“Kolaborasi kami dengan Forever 21 menandai bukan hanya salah satu metaverse terbesar yang dirilis tetapi juga kombinasi unik dari dunia nyata dan virtual dengan memberikan konten IRL dari Forever 21 di dalam game dan mengkreasikan ROBLOX UGC creations dengan IRL yang telah ada ini,” ungkap CEO Virtual Brand Group, Justin Hochberg.

Melalui game komunitas, pengguna Roblox dapat mengatur toko virtual mereka sendiri. Selain itu, pengguna juga dapat membeli dan menjual merchandise Forever 21 dan berusaha menjadi top shop atau toko terbaik dalam game ini.
Pengguna Roblox juga bisa memperkerjakan NPC (non-player characters) sebagai karyawan di toko Forever 21 versi mereka ini.

Dalam lini fashion virtualnya, Forever 21 menggandeng Sam Jordan atau @Builder_Boy yang merupakan karakter terkenal di Roblox, serta @Beeism, @OceanOrbsRBX, dan juga @JazzyX3 yang merupakan pembuat konten user-generated terkenal di Roblox .

Masing-masing karakter yang telah memiliki jutaan penjualan kolektif di Roblox ini membuat item eksklusif mereka dalam Forever 21 Shop City. Selain itu, Forever 21 Shop City juga menampilkan toko-toko dengan produk yang dirancang oleh influencer seperti KrystinPlays, Shaylo, dan the Sopo Squad.

Forever 21 Shop City ini juga memiliki berbagai fitur seperti:

  1. Store Location, pengguna dapat memilih dan menukar lokasi toko mereka di mana pun dalam game ini
  2. Tasks, pengalaman dalam mengatur toko virtual secara nyata seperti, inventaris persediaan toko, mengerjakan hal berbeda, membantu pelanggan, menjadi kasi, mempekerjakan karyawan dan mendekorasi etalase toko mereka.
  3. Interior Customization, penguna dapat membeli, menempatkan dan mengkombinasikan interior toko mereka seperti, furnitur dan estetika toko, pencahayaan bahkan musik yang sesuai dengan selera mereka.
  4. Curating Merchandise from the physical to virtual and back, Forever 21 akan menawarkan koleksi terbaru melalui toko fisik dan e-commerce, pengguna game juga akan ditawarkan untuk menambahkan koleksi tersebut di toko Forever 21 Shop City mereka ataupun untuk avatar pribadi.
  5. Building Upgrades and Unique Store Styles, pengguna akan memulai toko mereka dengan tampilan yang sama. Namun, pengguna dapat menambahkan poin untuk memperluas toko, menambahkan lantai, dan opsi tambahan lainnya. Pengguna juga dapat mengubah tampilan eksterior mereka dengan tema arsitektur seperti Cottage Core, FutureScape, Cyber Punk, Eco-Urban, dan Malibu Mansion.

Game ini juga memiliki empat zona dengan tema menarik seperti hiburan, rintangan, food court, dan yellow carpet. Zona yellow carpet dapat dilihat ketika pengguna memasuki Forever 21 Shop City. Di sini pengguna melewati karpet bewarna kuning disertai dengan dentuman musik dan paparazzi yang mengambil gambar setiap avatar. Pengguna dapat berpose dan membagikan foto mereka kepada teman di media sosial.

Yellow Carpet dalam Forever 21 City Shop (Foto: Virtual Brand Group)

Menariknya, setiap tanggal 21, Forever 21 Shop City akan mengadakan “Forever 21 Day”, dengan konten dan aktivitas terbaru. Seperti pada 21 Desember kemarin, tema liburan menandai “Forever 21 Day” pertama di game ini.

Tertarik mencoba dunia virtual baru ini? [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you