politics

Ganjar akan Gandeng Cawapres Tokoh Islam untuk Tingkatkan Elektabilitas

Penulis Rangga Bijak Aditya
Oct 11, 2023
Bakal capres Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. (Foto: Instagram/achmadbaidowi1111)
Bakal capres Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. (Foto: Instagram/achmadbaidowi1111)

ThePhrase.id - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menyebut bahwa bakal calon presiden (capres) yang diusung partainya, Ganjar Pranowo akan menggandeng sosok yang merepresentasikan kalangan Islam sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampinginya hadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut juga menjadi tanggapan atas hasil survei Indonesia Survei Center (ISC) yang menunjukkan elektabilitas Ganjar berada di bawah elektabilitas bakal capres usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.

“Hasilnya pasti akan berbeda kalau Ganjar sudah menentukan sosok bakal cawapres,” ucap Awiek, sapaan akrab Achmad Baidowi di Jakarta, Selasa (10/10) dikutip Antaranews.

Menurutnya, sudah menjadi tugas partainya untuk memaksimalkan pemilih dari kalangan Islam agar memberikan dukungan kepada Ganjar pada Pilpres 2024. Berkaitan dengan itu, ia merasa akan mudah mengajak pemilih muslim jika sosok bakal cawapres yang mendampingi Ganjar merupakan tokoh dari kalangan Islam.

“Dan kalau figur cawapres (pendamping Ganjar) sudah ditentukan, hasilnya pasti beda. Sosok cawapres akan kami tonjolkan,” lanjutnya.

Seknas Jokowi Sebutkan Empat Kandidat Cawapres Ganjar 

Ganjar akan Gandeng Cawapres Tokoh Islam untuk Tingkatkan Elektabilitas
Ketua Umum Seknas Jokowi, Rambun Tjato. (Foto: Instagram/seknasjokowi.official)

Ketua Umum Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Rambun Tjato menyebut ada empat sosok yang dinilai pantas mendampingi Ganjar sebagai bakal cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

“Ada Mahfud MD, Ridwan Kamil (RK), Khofifah, dan Sandiaga Uno. Mereka memiliki kelebihan masing-masing,” ujar Rambun usai adanya pertemuan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Jakarta, Selasa (10/10).

Ia menilai Mahfud MD memiliki kekuatan elektoral di Jawa Timur, RK di Jawa Barat, Khofifah di Jawa Timur dan juga kalangan perempuan, sedangkan Sandiaga Uno memiliki kekuatan di pemilih milenial.

Selain itu, Rambun berkata Sandiaga Uno memiliki rekam jejak dalam kontestasi pilpres ketika ia maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019, yang tentunya memiliki kekuatan suara dan elektoral sendiri.

Hal terpenting terkait bakal cawapres yang akan dampingi Ganjar, menurut Rambun harus memiliki gagasan, pemikiran, dan garis politik yang sama.

“Semua masih berproses dan semua bisa terjadi,” tandasnya.

Diketahui Seknas Jokowi secara resmi sudah menjatuhkan pilihannya untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024 mendatang melalui hasil keputusan Rakernas organisasi. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News
Popular News
 

News Topic