politics

Ganjar Janji Bereskan Kasus HAM, Prabowo: Jangan Politisasi Masalah HAM

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 13, 2023
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto saat saling menanggapi topik HAM dalam acara debat perdana capres di halaman kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/KPU RI)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto saat saling menanggapi topik HAM dalam acara debat perdana capres di halaman kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/KPU RI)

ThePhrase.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Ganjar Pranowo berjanji akan membereskan kasus pelanggaran HAM apabila dirinya terpilih untuk menjadi Presiden RI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Maka kalau kemudian saya boleh meminta, kalau saya jadi presiden, saya akan bereskan ini (kasus pelanggaran HAM),” ucap Ganjar Pranowo dalam acara debat perdana capres di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa (12/12).

Hal tersebut menyikapi pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang dinilai tidak menjawab pertanyaan yang ia layangkan kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Pertanyaan saya sebenarnya, satu, apakah kalau Bapak jadi presiden akan membuat pengadilan HAM? Pertanyaan nomor dua apakah Bapak bisa menemukan, menunjukkan, membantu pada keluarga agar kemudian mereka bisa berziarah. Dua ini sama-sama tidak dijawab,” imbuh Ganjar.

Sebelumnya Ganjar menyinggung empat rekomendasi yang dikeluarkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tahun 2009 terkait kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia.

Empat rekomendasi itu di antaranya; membentuk pengadilan HAM Ad hoc, menemukan 13 korban penghilangan paksa, memberikan kompensasi dan pemulihan, dan terakhir meratifikasi konvensi anti penghilangan paksa sebagai upaya pencegahan.

Ganjar menegaskan janjinya untuk menuntaskan kasus HAM agar pada kontestasi pilpres berikutnya, tidak akan muncul lagi isu terkait kasus tersebut karena sudah dituntaskan dengan ketegasan presiden di eranya.

Prabowo sebut Jangan Politisasi Masalah HAM

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berpesan kepada Ganjar bahwa jangan mempolitisasi kasus HAM. Prabowo mengaku dirinya sangat keras dalam membela HAM.

“Jadi saya tadi katakan, saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia, nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol (tahanan politik) yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya membela saya, saudara-saudara sekalian,” ujar Prabowo menanggapi pertanyaan Ganjar.

“Jadi, masalah HAM, jangan dipolitisasi Mas Ganjar, ya, menurut saya,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada tahun 2009 yang disinggung Ganjar, masalah tersebut diurus oleh sosok yang saat ini menjadi cawapres Gamjar yakni Mahfud MD.

“Pak Ganjar tadi justru anda sebut tahun 2009 ya, jadi sekian tahun yang lalu kan. Dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden anda. Jadi apa lagi mau ditanya kepada saya?” tukas Prabowo. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic