Generasi Keenam Honda Step WGN Diluncurkan di Jepang, Akankah Masuk ke Indonesia?

- Advertisment -spot_imgspot_img

ThePhrase.idHonda Jepang melakukan peluncuran pada pembaruan mobil MVP-nya, yaitu All New Step WGN E:HEV pada 7 Januari 2022 melalui kanal youtube resmi Honda Jepang. Mobil tersebut akan mulai dijual pada musim semi 2022.

Dengan pembaruan ini, Honda Step WGN telah memasuki generasi keenam. Generasi sebelumnya dirilis pada tahun 2015 dan mendapat facelift pada 2017. Sedangkan generasi pertamanya pertama kali diluncurkan pada tahun 1996.

- Advertisement -

Pembaruan ini terlihat jelas dari desainnya yang semakin mengotak. Secara keseluruhan eksteriornya juga menjadi lebih minimalis dengan garis tegas yang menjadi lebih sedikit. Tetapi, tersematkan grille dan lampu depan serta belakang yang kekinian.

All New Step WGN E:HEV. (Foto: honda.co.jp)

Sayangnya, keunikan dari Honda Step WGN pada generasi sebelumnya dihilangkan, dan disederhanakan. Sebelumnya, pintu belakang dari mobil ini dapat dibuka dengan dua arah yaitu ke samping dan ke atas dan pintu belakangnya terbelah menjadi dua dengan rasio 2:1.

Pada generasi ini tidak ada lagi pintu dua arah, tetapi hanya satu yang dapat dibuka ke atas, layaknya MVP pada umumnya.

- Advertisement -

Tagline ‘A New Size That changes the Minivan’ menjadi poin penting dari generasi ini. Honda memperpanjang MVP ini dan memberikan ruang pada kabinnya yang lebih luas. Headroomnya menjadi lebih lebar dan jendelanya besar, sehingga memberikan kesan lapang yang lebih, tetapi tetap dilengkapi dengan pemandangan dari luar.

Seperti yang tertera pada namanya, E:HEV, berarti mobil ini akan menjadi mobil hybrid. Meskipun belum dijelaskan secara rinci apakah seluruh varian yang ditawarkan akan mendapatkan teknologi hybrid.

Interior All New Step WGN E:HEV. (Foto: honda.co.jp)

Honda mengeluarkan dua varian pada generasi keenam Step WGN ini, yakni Spada dan Air. Perbedaan yang telah terlihat jelas antara keduanya adalah pada grillenya. Varian air menggunakan grille yang hampir tertutup dengan beberapa bolongan saja, sedangkan varian Spada menggunakan grille yang ukurannya dua kali lipat dari Air, sehingga terlihat lebih garang.

Secara eksterior, jika dibandingkan dengan MVP yang dijual di Indonesia, mobil ini mirip dengan Toyota Voxy dan Nissan Serena. Pasalnya, bodinya yang mengotak dan tergolong mobil pintu geser yang bukan pada segmen mewah layaknya Toyota Alphard. Meskipun demikian, harga dari Step WGN terbaru ini belum diumumkan oleh Honda.

Selain bodinya yang mengotak, beberapa persamaan lain yang dapat dilihat dari eksterior Step WGN dengan Toyota Voxy adalah dari lampu belakangnya yang terletak memanjang ke atas secara vertikal. Posisi ini menjadi ciri-ciri mobil baru yang futuristik.

Jendela dari kedua mobil tersebut dan juga Nissan Serena juga sangat besar, mengikuti perkembangan kaca mobil pada MVP yang semakin lama semakin lebar, hampir memakan setengah dari bodinya sendiri.

All New Step WGN E:HEV. (Foto: honda.co.jp)

Dengan diluncurkannya generasi terbaru Step WGN ini, penggemar otomotif di Tanah Air mulai bertanya-tanya, apakah mobil ini akan dipasarkan juga di Indonesia? Pasalnya, satu-satunya MVP dengan pintu geser Honda di Indonesia adalah Odyssey.

Tetapi, Honda telah mengumumkan akan berhenti memasarkan Odyssey. Dikarenakan, pabrikan tempat Odyssey diproduksi, yakni di Sayama akan memberhentikan produksi unit ini, yang berdampak pada pemasaran di Indonesia pula.

Sayama akan berhenti memproduksi Odyssey per Maret 2022, dan Honda Prospect Motor (HPM) akan menghabiskan stok yang  masih ada di Indonesia. Pada sisi lain, Step WGN akan mulai dipasarkan pada musim semi 2022 atau sekitar bulan Maret.

Maka spekulasi serta harapan akan masuk ke Indonesia menjadi lebih tinggi. Akankah All New Step WGN E:HEV ini masuk ke Indonesia? [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you