e-biz

Gim dan Kuliner Lokal Bersatu! Kementerian Ekraf x UniPin Gelar Kampanye “Bangga Main Lokal”

Penulis Firda Ayu
Oct 28, 2025
Tangkapan layar kampanye #BanggaMainLokal (Foto: unipin.com)
Tangkapan layar kampanye #BanggaMainLokal (Foto: unipin.com)

ThePhrase.id – Kementerian Ekonomi Kreatif (Kementerian Ekraf) menggandeng UniPin (Universal Pin) lewat kampanye #BanggaMainLokal untuk mempromosikan gim buatan anak bangsa sekaligus brand F&B lokal.

Seri kedua kampanye ini diluncurkan dalam ajang Indonesia Comic Con X Indonesia Anime Con 2025 (ICC) yang digelar pada 25 Oktober 2025 lalu.

Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf) Irene Umar menjelaskan bahwa kampanye ini hadir untuk mendorong gim lokal sekaligus memperkuat ekonomi kreatif berkelanjutan.

 “Bangga Main Lokal bukan hanya sebagai satu campaign untuk kita bermain bersama. Ini suatu bentuk kebanggaan bahwa gim lokal bisa mendunia apalagi jika menggunakan pipeline lokal dari UniPin,” jelas Wamen Ekraf Irene, melansir keterangan tertulis Kementerian Ekraf, Sabtu (25/10/2025).

Kampanye ini memadukan pengalaman gaming dan kuliner lokal melalui berbagai skema menarik seperti bundling eksklusif dan promosi khusus. Pengguna dapat memperoleh item in-game dan top-up melalui pembelian produk F&B. 

Program ini menggandeng sejumlah developer gim lokal, termasuk Gaco Games, Lentera Nusantara, Separuh Interactive, Dream Forge Creation, KhugaLabs, dan Anantarupa Studio. Sementara itu, para brand F&B lokal seperti Martabak Pizza Orins, Maicih, AlloFresh, dan Truffle Belly turut berpartisipasi dalam kampanye ini.

Irene menambahkan, Kementerian Ekraf akan terus mendorong subsektor gim dan kuliner, termasuk pengembangan Intellectual Property (IP) menjadi merchandise, film, atau animasi. Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi lintas subsektor gim dan kuliner, karena seorang gamer juga perlu makan di samping harus top up untuk games yang mereka mainkan. 

Sebagai bentuk dukungan terhadap gim lokal, Kementerian Ekraf telah mengadakan aktivasi Game Corner di bandara dan hotel untuk mempromosikan gim lokal.

Kolaborasi juga dilakukan dengan Ashley Hotel dan Artotel Group dalam penyediaan fasilitas PlayStation di kamar hotel, serta menghadirkan Board Game Corner dan pertemuan rutin komunitas board games lokal setiap dua minggu sekali di Hotel Grand Sahid.

Sementara itu, UniPin (Universal Pin) sebagai penyedia layanan pembayaran (PSP) populer sebelumnya telah meluncurkan seri pertama kampanye #BanggaMainLokal dalam perhelatan Indonesia Game Week (IGW) bulan Agustus lalu.

“UniPin sudah ada di 40 negara dan menghandle 30 juta monthly active users. Bangga Main Lokal seri 2 menunjukkan sesuatu bahwa UniPin konsisten dan persisten melalui hal yang kecil menjadi besar. Ketika cross over antara pelaku food and beverage serta komunitas gamer terjalin, maka akan menjadi satu dinamika ekonomi yang luar biasa sebagai bentuk collaboration community empowerment,” ungkap Ashadi Ang, CEO dan Co-Founder UniPin.

Para pencinta gim lokal dapat berpartisipasi pada kampanye ini melalui laman, https://www.unipin.com/BanggaMainLokal[fa]

Artikel Pilihan ThePhrase

- Advertisement -
 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic