tech

Hadir Dalam Olimpiade Musim Dingin, Alibaba Kenalkan Virtual Influencer

Penulis Ashila Syifaa
Feb 11, 2022
Hadir Dalam Olimpiade Musim Dingin, Alibaba Kenalkan Virtual Influencer
ThePhrase.id – Alibaba group yang merupakan partner sponsor terbesar Olimpiade 2022 baru saja melaunching teknologi terbarunya bernama Dong-Dong, virtual influencer untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Virtual influencer atau yang juga disebut persona digital canggih milik Alibaba Group ini menggunakan cloud technology yang dibuat untuk berkomunikasi dengan penggemar serta untuk menunjukkan perkembangan inovasi berbasis teknologi awan kepada konsumen Alibaba.

Nama Dong Dong yang diberikan merupakan Bahasa Mandarin yang memiliki arti musim dingin. Virtual influencer tersebut dikembangkan oleh Akademi DAMO Alibaba yang merupakan inisiatif penelitian global miliki Alibaba Group.

Influencer virtual
Influencer virtual, Dong Dong. (Foto: Alibaba Group)


Persona yang dibangun oleh Alibaba untuk Dong Dong adalah perempuan Beijing berumur 22 tahun yang penuh semangat dan menyukai olahraga musim dingin. Selain untuk menyambut penggemar olimpiade musim dingin, Dong Dong juga mempromosikan merchandise olimpiade.

Cara Dong Dong menyambut penggemar olimpiade musim dingin tersebut melalui pertunjukan live streamingnya di mana ia juga mempromosikan beragam merchandise. Tak hanya itu ia juga dapat menjawab pertanyaan dengan semangat dan natural.

Uniknya lagi, Dong Dong memiliki suara yang natural seperti manusia dan memiliki emosi yang berbeda-beda.

Dong Dong juga dilengkapi dengan gestur tubuh yang berbeda-beda mulai dari memberikan jempol dan bentuk hati dengan tangannya serta gestur menghapus air mata yang menunjukan kesedihan atau kekecewaan.

Dong Dong, influencer virtual dengan teknologi cloud. (Foto: Alibaba Group)


Virtual influencer tersebut juga dipenuhi oleh bakat lainnya yang ditunjukan melalui live talk shownya di mana Dong Dong mengenalkan fakta-fakta mengenai olimpiade musim dingin dan juga menunjukan tariannya mengikuti lagu olimpiade untuk menyemangati para atlet.

Fitur-fitur dan interaksi yang terdapat dalam Dong Dong ini merupakan perkembangan dari cloud-based digital technologies atau teknologi digital yang berbasis awan.

“Ambisi kami adalah menggunakan teknologi awan untuk memberikan peningkatan digital pada Olimpiade Musim Dingin. Selain itu juga memberikan pengalaman Olimpiade Musim Dingin yang berkaitan dengan layanan platform cloud dan e-commerce kepada penggemar dengan cara yang kreatif,” kata Xiaolong Li, Kepala Customer Service. Alibaba Virtual Human & Intelligent.

Menurut Xiaolong Li, pihaknya mengembangkan Dong Dong dengan harapan bahwa influencer virtual berbasis cloud dapat menciptakan interaksi yang lebih baik dengan generasi muda dan digital natives dengan cara yang menarik dan alami.

Dong Dong, imbuhnya, hanyalah awal dari perkembangan teknologi virtual. Ke depannya Alibaba akan mendorong perkembangan teknologi virtual terutama persona digital atau virtual influencer yang lebih interaktif dengan cara baru untuk berkomunikasi dengan audiens melalui pengalaman yang mendalam di dunia metaverse. [Syifaa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic