trendingBatik

Hadirkan 250 UMKM, Gelar Batik Nasional 2023 Bangkitkan Industri Batik Pasca Pandemi

Penulis Ashila Syifaa
Aug 03, 2023
Pameran batik di Gelar Batik Nasional 2023, SPARK Senayan Park, Jakarta Pusat. (Foto: ThePhrase.id/Syifaa)
Pameran batik di Gelar Batik Nasional 2023, SPARK Senayan Park, Jakarta Pusat. (Foto: ThePhrase.id/Syifaa)

ThePhrase.id - Lebih dari 250 booth UMKM Batik hadir di SPARK Senayan Park dalam acara Gelar Batik Nasional (GBN) 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) pada 2-6 Agustus 2023. Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, tahun ini acara tersebut mengusung tema “Batik, Bangkit!”

Gelar Batik Nasional telah di buka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. “Batik sangat istimewa. Tidak hanya karena keindahan, tapi juga karena makna-makna filosofinya. Batik adalah wajah kita. Batik adalah kehormatan kita. Batik telah memberi kehidupan bagi jutaan rakyat kita yang bekerja di sektor ini.” Ujar Presiden Jokowi pada pembukaan acara GBN 2023, Rabu (2/8).

Batik Complongan Khas Indramayu menjadi sorotan pada GBN 2023. Hal ini karena YBI terpesona dengan karakteristiknya yang unik. Terpilihnya batik khas Indramayu tersebut juga agar dapat memperkenalkannya pada masyarakat lokal serta mancanegara.

Hadirkan 250 UMKM  Gelar Batik Nasional 2023 Bangkitkan Industri Batik Pasca Pandemi
Teknik complongan batik khas Indramayi. (Foto: ThePhrase.id/Syifaa)

Ketika mengunjung acara ini, di lobby SPARK Senayan Park, dapat melihat seorang ibu yang sedang membatik dengan teknik complongan menggunakan alat yang ditusuk-tusukan pada kain batik yang telah digambar.

Teknik tersebut merupakan teknik untuk menusukkan bahan pewarna dalam kain yang nantinya akan menghasilkan motif titik-titik. Berbeda dengan kain batik lainnya, dengan teknik ini kain batik akan terlihat semakin menarik.

Secara keseluruhan acara Gelar Batik Nasional 2023 juga merupakan salah satu upaya untuk memajukan dan membangkitkan kembali industri batik yang terdampak pandemi Covid-19 selama tiga tahun ini.

Tak hanya menghadirkan ratusan booth UMKM, acara ini juga isi oleh kegiatan yang menarik seperti hightea, fashion show, talkshow dan workshop, sharing session, flash sale hingga penampilan musik yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis.

Dalam acara ini beberapa desainer ternama seperti Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, hingga Ghea Panggabean turut menunjukan desain batik menggunakan batik tulis Indramayu. Karya fashion tersebut menunjukan keindahan batik Complongan Indramayu yang didesain secara elegan, mewah dan juga berkesan modern.

Tak hanya batik Khas Indramayu yang menarik perhatian para pengunjung. Beberapa booth UMKM batik juga terlihat diramaikan oleh pengunjung yang tertarik dengan motif dan warna batik yang beragam. Salah satu yang menarik perhatian adalah Batik Cirebon yang khas dengan warna pastel yang lembut dan motifnya yang cantik.

Batik lainnya juga dapat ditemukan di Gelar Batik Nasional 2023, mulai dari batik Madura, Solo, Yogyakarta, batik khas Jawa Barat hingga batik ramah lingkungan. Tak hanya batik saja, beberapa juga menawarkan aksesori handmade yang unik dan cantik terbuat dari crystal, bebatuan hingga tembaga. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic