leader

Hanifa Ambadar: Komunikasi Dua Arah Jadi Kunci Sukses Female Daily Network

Penulis Firda Ayu
Jun 11, 2023
Hanifa Ambadar: Komunikasi Dua Arah Jadi Kunci Sukses Female Daily Network
ThePhrase.id – Tak sedikit beauty enthusiast yang sering mencari review produk kecantikan atau berkaca pada komunitas Female Daily Network sebelum membeli produk kecantikan. Di balik salah satu media platform kecantikan di Indonesia ini, ada kiprah salah satu pendirinya, yaitu Hanifa Ambadar.

Hanifa Ambadar merupakan perempuan kelahiran Jakarta, 21 Mei 1979. Berasal dari latar belakang keluarga pebisnis membuatnya mendapat dukungan dari keluarga untuk belajar mengenai marketing di Southern Illinois University dan mempelajari bisnis administrasi sebagai pendidikan masternya di Maryville University of Saint Louis, Amerika Serikat.

Perempuan lulusan SMA Labschool Rawamangun ini memulai kariernya sebagai blogger. Hal ini karena ia mencintai dunia kecantikan dan selalu update akan tren lifestyle di negara barat yang kerap ia tuangkan melalui blognya.

Hanifa dan Perjalanan Female Daily Network


Hanifa Ambadar (Foto: instagram.com/hanzkyy)


Memulai blognya di tahun 1999, Hanifa menyebut bahwa Female Daily sebagai blog sendiri baru ia mulai pada Februari 2005 untuk membagi informasi dan pengetahuan kepada teman dan para pembaca blog Hanifa.

Antusiasme dari pembaca membuat Hanifa makin rutin dan fokus mendalami laman blog tak lagi hanya sebagai hobi, melainkan sesuatu yang lebih serius. Ia kemudian berkolaborasi dengan Affi Assegaf, seorang beauty blogger pada Mei 2007 untuk membuat blog yang menjadi cikal bakal Female Daily Network.

Lama tinggal di Amerika Serikat membuat Hanifa melirik tren yang tengah berkembang di sana yaitu para blogger diundang menghadiri berbagai peluncuran produk untuk mengulas produk dalam bentuk tulisan. Tren yang diprediksi lambat laun akan masuk ke Indonesia ini ia manfaatkan dengan membuat blog yang saat itu masih bernama fashionesedaily.com agar makin profesional hingga dilirik oleh agensi iklan.

Meski makin berkembang dan mendapatkan pendanaan dari investor, perjalanan Hanifah dan Female Daily tentu mengalami pasang surutnya dan tak semudah yang dibayangkan. Hanifah sempat kekurangan pendanaan untuk membesarkan websitenya dan software forumnya hingga ia dan timnya melakukan iuran agar Female Daily makin besar.

Hanifa Ambadar (Foto: instagram.com/hanzkyy)


Menurut Hanifa, salah satu kunci keberhasilan Female Daily Network sebagai media platform adalah dengan mendengarkan feedback dari pengguna sehingga komunikasi dua arah terjalin. Hingga kini, Femaly Daily Network sebagai media platform telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna tahunan dan menyelenggarakan lebih dari 500 acara untuk komunitas Female Daily, salah satunya, yaitu acara kecantikan terbesar di Indonesia, Female Daily X Beauty.

Sempat Kehilangan Arah


Hanifa mengaku pertumbuhan Female Daily yang pesat membuatnya menyadari potensi dari perusahan media yang ia kembangkan ini. Hal ini membuatnya melebarkan sayap dengan mendirikan Fashionese Daily, Mommies Daily, Pops Daily, Travelers Daily, hingga Clozette Daily.

Ia mengejar berbagai peluang bisnis ini hingga ia merasa sudah kehilangan arah karena melakukan terlalu banyak hal sekaligus dan kesulitan untuk memfokuskan sumber daya.

Hanifa Ambadar (Foto: instagram.com/hanzkyy)


Tak ingin terus-terusan seperti ini, Hanifa mengikuti program Endeavour Enterpreneur ke Silicon Valley dan bertemu dengan orang-orang hebat di dunia bisnis. Hal ini membuatnya menyadari bahwa ia mungkin merusak hubungan yang telah ia bangun dengan audiens demi mengejar peluang bisnis.

Hanifa akhirnya membuat keputusan besar demi tetap dapat mempertahankan kualitas konten Female Daily dan mempertahankan hubungan dengan audiens. Ia pun menutup hampir semua cabang-cabang Female Daily tersebut.

Ia ingin memfokuskan Female Daily ke dunia kecantikan seperti sebelumnya, agar lebih memahami audiens dan partnernya sehingga Female Daily mampu berkembang lebih baik.

Kemampuan Hanifa melihat peluang bisnis hingga memahami kesalahan patut diacungi jempol, sebab kini Female Daily Network sangat diperhitungkan di dunia kecantikan Indonesia. Hanifa sebagai CEO berhasil membawa Female Daily menjadi salah satu media platform kecantikan terbesar di Indonesia dan menghasilkan wadah bagi para beauty enthusiast untuk saling berbagi pengetahuan mengenai kecantikan. [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic