e-biz

Hari Pertama SEOCon 2023, Intip 5 Tips Sukses Digital Marketing ala Indosat

Penulis Ashila Syifaa
May 25, 2023
Hari Pertama SEOCon 2023, Intip 5 Tips Sukses Digital Marketing ala Indosat
ThePhrase.id - SEOCon 2023 kembali hadir di The Kasablanka Hall untuk memberikan wawasan mendalam mengenai digital marketing dengan deretan pembicara yang ahli pada bidangnya. Perkembangan digital yang sangat pesat menjadi salah satu alasan digelarnya acara untuk membagikan wawasan dan tips sukses menghadapi perubahan yang ada.

Pada hari pertama acara SEO Conference 2023 Jakarta, Ryan Kristo Muljono, CEO ToffeeDeV, memaparkan, bagaimana di tengah perkembangan yang pesat ini perlu adanya adaptasi dan perubahan yang dilakukan.

Sultan Isnainsyah, VP-Head of Biz. Support & Development at Indosat Ooredoo saat mempresentasikan materi digital marketing di SEOCon 2023. (Foto: ThePhras.id/Syifaa)


Sejalan dengan itu, Sultan Isnainsyah selaku VP-Head of Biz. Support & Development at Indosat Ooredoo mengatakan di zaman digital yang sudah berkembang pesat siapapun dapat menjadi content creator dengan kekuatan media sendiri.

Dengan begitu, sudah waktunya untuk beradaptasi dan melakukan perubahan seiring dengan berkembangnya digital marketing. Salah satu yang dapat diterapkan adalah melalui kontekstual marketing.

Kontekstual marketing sendiri merupakan strategi pemasaran berdasarkan pada perilaku konsumen agar dapat menyajikan konten yang lebih relevan sesuai kebutuhan konsumen. Sultan Isnainsyah juga memaparkan tips sukses melakukan digital marketing melalui kontekstual marketing yang diterapkan oleh Indosat.
Baca juga: Belajar Digital Marketing Seru di SEOCon Jakarta 2023

1. Dilarang spamming


Berawal dari banyaknya konsumen Indosat yang komplain karena spamming SMS yang kurang relevan dan di jam-jam yang tidak sesuai. Indosat memutuskan untuk mendengarkan konsumen dan memperbaiki cara marketingnya dengan memberikan konteks yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Data-driven


Mementingkan data tidak selalu membicarakan big data atau data yang berskala besar. Melainkan, menggunakan data yang sudah ada, salah satunya melalui media sosial yang mudah didapatkan. Dengan ini, akan mempermudah untuk mendapatkan data agar dapat menyajikan konteks yang sesuai dengan respons konsumen.

Setelah mendapatkan data dan mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan oleh konsumen, perusahaan dapat membangun presence atau kehadiran di aplikasi tersebut agar konsumen semakin aware.

3. Empower personalization


Sultan Isnainsyah, VP-Head of Biz. Support & Development at Indosat Ooredoo saat mempresentasikan materi digital marketing di SEOCon 2023. (Foto: ThePhras.id/Syifaa)


Personalisasi juga menjadi salah satu langkah penting agar konsumen lebih nyaman. Hal ini dapat dilakukan berdasarkan data perilaku konsumen yang terkumpul untuk melakukan personalisasi yang lebih dalam dan relevan sesuai dengan kebutuhan target market.

4. Menggunakan story-telling


Beriringan dengan perkembangan digital, media sosial juga ikut berubah. Konten-konten argumentatif sudah tidak lagi menarik perhatian dan kurang relevan karena dinilai sebagai shallow content atau konten dangkal tidak ada dampaknya.

Saat ini, konten yang mendapatkan perhatian adalah konten dengan story-telling yang memiliki jalan cerita. Hal ini karena, story-telling lebih berkesan dan memiliki dampak yang cukup melekat pada konsumennya.

5. Mengikuti wave atau the next big thing


Agar dapat sukses melakukan kontekstual marketing, sebagai pelaku bisnis tidak bisa hanya mengikuti wave atau tren yang ada. Tetapi, juga harus mampu memprediksi dan menganalisis wave yang akan datang dan mengejarnya agar menjadi pionir. [Syifaa]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic