leader

Hwasa, Penyanyi dengan Suara Unik yang Dobrak Standar Kecantikan Korea Selatan

Penulis Firda Ayu
Oct 28, 2023
(Foto: instagram.com/_mariahwasa)
(Foto: instagram.com/_mariahwasa)

ThePhrase.id - Lagu I Love My Body sedang naik daun dan banyak digunakan di berbagai video pada media sosial. Di balik lagu ini, ada nama Hwasa yang merupakan penyanyi lagu ini.

Siapakah Hwasa?

Ahn Hye-jin atau biasa dikenal dengan nama Hwasa merupakan penyanyi dan rapper yang memiliki ciri khas suara yang unik. Ia lahir di Jeonju, Korea Selatan pada 23 Juli 1995 dan dibesarkan di sebuah pedesaan.

Ayah Hwasa merupakan seorang petani yang menggarap lahannya sendiri, Hwasa juga kerap kali membantu ayahnya bekerja. Meski dibesarkan di desa, Hwasa memiliki impian besar untuk menjadi seorang penyanyi dengan dukungan penuh dari kedua orang tuanya dan menghadiri Wonkwang Information Arts High School.

Hwasa  Penyanyi dengan Suara Unik yang Dobrak Standar Kecantikan Korea Selatan
(Foto: instagram.com/_mariahwasa)

Perjalanannya mencapai impian menjadi seorang penyanyi tidak mudah, meski memiliki bakat dan suara yang unik, Hwasa dianggap tidak memenuhi standar kecantikan di Korea Selatan, yaitu memiliki tubuh ideal dan kulit putih.

Hwasa mengaku bahwa saat ia mendapatkan hinaan tersebut, ia akan mendengarkan lagu dari Beyonce semalaman untuk menenangkan dirinya. Meski mendapat hinaan, bakat Hwasa tetap bersinar dan diakui. Bahkan sebelum ia debut, ia telah bekerja sama dengan beberapa musisi, seperti Solbi dan Standing Egg di usianya yang baru 18 tahun.

Ia kemudian berhasil debut di industri hiburan Korea Selatan sebagai member dari girl grup Mamamoo di bawah agensi RBW Entertainment pada Juni 2014 dengan singel Mr Ambiguous. Lagu yang menggabungkan elemen musik jazz dan vokal yang kuat membuat Hwasa dan member Mamamoo lain mudah dikenal di Korea Selatan.

Sejak debut, Hwasa dan Mamamoo dikenal mendobrak standar kecantikan Korea Selatan hingga mendobrak stereotip gender dan perilaku yang umumnya tidak dilakukan oleh idol K-Pop lainnya. Hal ini membuat Mamamoo meraih popularitas yang melejit di tahun 2015 melalui lagu Um Oh Ah Yeah.

Hwasa  Penyanyi dengan Suara Unik yang Dobrak Standar Kecantikan Korea Selatan
(Foto: instagram.com/_mariahwasa)

Bersama Mamamoo, Hwasa juga telah mengeluarkan berbagai lagu-lagu terkenal mulai dari, You're the Best, Décalcomanie, Starry Night, Aya, dan banyak judul lain yang tak kalah terkenal. Bakat dari Mamamoo juga telah diakui oleh industri hiburan. 

Beberapa penghargaan bergengsi yang dimenangkan Mamamoo, antara lain 5 penghargaan di MAMA Awards, 3 penghargaan di Melon Music Awards, 4 penghargaan di Golden Disc Awardsm dan 4 penghargaan dari Seoul Music Awards.

Selain berkarier bersama Mamamoo, Hwasa juga aktif mengerjakan berbagai projek solo. Proyek solo pertamanya adalah My Heart/I Do Me yang termasuk dalam EP milik Mamamoo, Hello. Ia juga menuliskan lagu solo keduanya bertajuk Be Calm di tahun 2018.

Be Calm berhasil menempati posisi ke 35 di Gaon Download Chart, bahkan video klip lagu ini hingga kini telah ditonton oleh 8,5 juta penonton. Karier solonya makin menanjak melalui kolaborasinya dengan Loco melalui lagu Don’t yang menempati puncak Gaon Digital hingga ditonton oleh 121 juta orang di Youtube. 

Tak berhenti berkarya, Hwasa berhasil menghasilkan beberapa lagu solo yang ikonik, seperti Twit, Maria, Physical, Orbit, hingga lagu yang baru saja naik daun, I Love My Body. Lagu yang baru rilis 6 September lalu ini hingga kini berhasil mendapatkan 35 juta penonton di Youtube.

Hwasa yang kerap mendapat hinaan berkat penampilannya yang dianggap tidak sesuai standar kecantikan berhasil mendobrak hal tersebut dan dicintai oleh penggemarnya. Penampilan Hwasa yang unik dan gayanya yang kuat membuatnya menjadi ikon mode dan kecantikan. 

Ia juga sering menjadi model atau brand ambassador untuk berbagai perusahaan dan majalah mode, seperti Cosmopolitan, Vogue, Elle, Adidas, Gucci, dan berbagai brand lain. Penampilan Hwasa dalam reality show I Live Alone dan Let’s Eat Dinner Together juga berhasil mempromosikan restoran, resep masak hingga meningkatkan penjualan makanan di Korea Selatan.

Jika awalnya dianggap tidak akan terkenal, Hwasa justru berhasil melawan semua hal tersebut dan menjadikannya keunikan tersendiri. Hal ini membuatnya menempati posisi ke 26 dalam Korea Power Celebrity 40 di tahun 2019 dan kerap menempati posisi pertama Individual Girl Group Members Brand Power Ranking dalam laporan bulanan Korean Business Research Institute. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic