e-biz

I-SEA Sambut 10 Wirausaha Sosial Kembangkan Bisnis Berkelanjutan

Penulis Firda Ayu
Jan 11, 2024
(Foto: isea.instellar.id)
(Foto: isea.instellar.id)

ThePhrase.id - Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship I-SEA mengumumkan 10 wirausaha sosial terpilih untuk mengikuti program I-SEA cohort kedua. Sepuluh wirausaha yang berhasil terpilih adalah Agridesa, Aluan, Conservana, Java Fresh, Nichoa Chocolate, PasarMIKRO, Pepper Secret, Plana, Rezycology, dan Tarunira.

I-SEA merupakan program kerja sama antara Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship yang berfokus pada upaya memperkuat wirausaha sosial untuk tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat dari kelompok marginal di Indonesia.

Program yang mendapat dukungan dari IKEA Indonesia ini mendukung wirausaha sosial mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan dampaknya dengan memberikan panduan, bimbingan, pembiayaan, dan dukungan ekosistem yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Kesepuluh wirausaha sosial yang terpilih atau I-SEA Changemakers akan memulai perjalanan mereka dengan intensive bootcamp yang berlangsung di Tangerang, pada 14-16 Januari 2024. 

Selama menjalani intensive bootcamp, para wirausaha ini akan difasilitasi untuk merefleksikan tujuan, masalah, dan solusi mereka, mendapatkan wawasan tentang organisasi, nilai-nilai, dan budaya IKEA untuk menyempurnakan rencana bisnis, hingga membina kolaborasi antarwirausaha sosial dan mempersiapkan mereka untuk langkah selanjutnya dari program ini.

I SEA Sambut 10 Wirausaha Sosial Kembangkan Bisnis Berkelanjutan
(Foto: instagram.com/iseaccelerator)

10 wirausaha sosial dari sektor pertanian dan ekonomi sirkular berhasil terpilih dari sebanyak lebih dari 300 aplikasi di seluruh Indonesia. Kesepuluh wirausaha sosial ini berhasil menciptakan dampak positif dengan menjawab sejumlah tantangan sosial dan lingkungan yang mendesak di Indonesia.

“Selamat kepada sepuluh I-SEA Changemakers cohort kedua. Kami percaya bahwa karya dari para wirausaha sosial ini memberikan contoh masa depan perekonomian, di mana tanggung jawab bisnis dan sosial dapat berjalan beriringan. Kami berharap dapat melihat pertumbuhan kesepuluh wirausaha sosial ini melalui I-SEA dan bersama-sama kita mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Romy Cahyadi, CEO Instellar.

Kesepuluh wirausaha sosial ini menghadirkan beragam inovasi mulai dari pertanian berkelanjutan hingga daur ulang plastik yang inovatif. Kedepannya, program ini diharapkan dapat menunjukkan dampak positif yang dapat mereka berikan terhadap komunitas, kesejahteraan, dan lingkungan. 

“Sejalan dengan visi IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, kami secara konsisten menyadari pentingnya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ungkap Adrian Worth, Managing Director IKEA Indonesia. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic