ThePhrase.id – Perayaan Imlek 2022 berdampak pada penjualan kue keranjang yang naik 4 kali lipat. Penjualan ini tercatat dalam transaksi digital melalui Tokopedia.
Hidangan pembawa keberuntungan spesial Imlek atau kue keranjang memang identik dengan perayaan Imlek untuk dibagi kepada keluarga hingga untuk sembahyang Imlek. Hal ini yang mendorong penjualan kue keranjang secara digital naik hingga hampir 4 kali lipat dibanding perayaan Imlek tahun lalu.
“Kami melihat bahwa masyarakat masih gemar mengirimkan hantaran serta kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kue keranjang hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Kue keranjang. (Foto: ThePhrase.id/Rahma K)
Menyambut Imlek 2022, Tokopedia mengadakan kampanye Belanja Makin Hoki yang berlangsung hingga 31 Januari 2022 yang menawarkan berbagai produk khas Imlek dan membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat yang merayakan Imlek.
“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa menghadirkan berbagai produk kebutuhan, termasuk menjelang Imlek, agar masyarakat tetap bisa merayakan kegembiraan Tahun Baru Imlek bersama keluarga dengan lebih aman, tanpa perlu keluar rumah,” imbuh Ekhel.
Kampanye Belanja Makin Hoki (Foto: ThePhrase.id)
Tak hanya melalui kampanye Belanja Makin Hoki, Tokopedia juga menghadirkan beberapa inisiatif yang mampu membantu masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang Imlek. Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian mulai dari produk sembako, daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan berbagai produk lainnya. Dengan Tokopedia NOW!, pengguna akan mendapatkan barang yang ia beli dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
Ada juga Tokopedia Nyam, dimana Tokopedia berkolaborasi dengan UMKM lokal makanan dan minuman untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih cepat, efisien dan tanpa harus keluar rumah.
Dekorasi Rumah
Tahun Baru Imlek identik dengan dekorasi rumah yang serba merah, angpao, kue keranjang, dan beberapa makanan khas Imlek lainnya. Meski dalam suasana pandemi, masyarakat Tionghoa di Indonesia tetap antusias dalam menyambut perayaan Tahun Baru China ini.
Dekorasi Imlek (Foto: flickr)
Tren berbelanja dekorasi Imlek tahun ini masih didominasi dengan belanja online. Masyarakat berbelanja berbagai dekorasi Imlek seperti lampion merah, kertas dekorasi chunlian, lukisan para dewa, potongan kertas merah dan jimat keberuntungan Fu secara online.
Berbagai dekorasi merah yang identik dengan keberuntungan ini biasanya di tempelkan di tembok rumah maupun depan rumah sebagai simbol pengusir roh jahat dan pembawa keberuntungan. Tahun ini, masyarakat juga menyemarakkan Imlek dengan berbelanja berbagai dekorasi serba merah secara online di Tokopedia.
“Transaksi produk dekorasi Imlek di Tokopedia pun meningkat hampir 2x lipat di Januari 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021,” tandas Ekhel Chandra Wijaya.
Tak hanya mendekorasi rumah dengan pernak-pernik serba merah, perayaan Imlek juga dibarengi dengan bagi-bagi angpao maupun hampers tahun baru. Amplop angpao dan paket hampers menjadi produk favorit masyarakat menjelang Imlek tahun ini. Bahkan, Tokopedia mencatat kenaikan transaksi hampir sebesar 3 kali lipat pada Januari 2022 untuk transaksi pembelian produk ini. [fa]