e-biz

Inacraft 2022, Kebangkitan UMKM Kerajinan di Masa Pandemi

Penulis Firda Ayu
Mar 25, 2022
Inacraft 2022, Kebangkitan UMKM Kerajinan di Masa Pandemi
ThePhrase.id – Pameran Kerajinan Terbesar dan Terlengkap di Indonesia, Inacraft kini kembali hadir di tahun 2022 setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi. Berjudul Inacraft Reborn atau Inacraft jilid 2, pameran ini juga diadakan secara daring dan luring di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 23 – 27 Maret 2022.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Muchsin Ridjan  mengungkap bahwa pandemi memberikan dampak yang sangat hebat dalam perekonomian Indonesia, khususnya di sektor kerajinan dan industri kreatif.

Kain Tenun Sumba, Wala Karihu yang meramaikan Inacraft 2022 (Foto: ThePhrase.id)


Kehadiran Inacraft digadang-gadang sebagai kebangkitan UMKM berbagai produk kreatif dan pemulihan ekonomi UMKM di masa pandemi.

“Pameran produk kreatif ini merupakan salah satu langkah strategis dalam menggerakkan kembali sektor ekonomi kreatif Tanah Air. Produk-produk ekonomi kreatif lokal memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk impor. Ini menjadi upaya kita bersama untuk memulihkan ekonomi, khususnya melalui UMKM ekonomi kreatif,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno, di sela-sela mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara pameran INACRAFT di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022.

Inacraft yang ke-22 ini dilakukan dengan adaptasi di berbagai kegiatan dan aktivitasnya. Dengan tema “From Smart Village to Global Market”, Inacraft melakukan adaptasi dengan mengikuti perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0.

Batik tradisional dan ecoprint yang dipamerkan di Inacraft 2022 (Foto: ThePhrase.id)


Selain metode penjualan dan pemasaran konventional, Inacraft juga menghadirkan platform digital, yaitu virtual exhibition, market place dan aplikasi Inacraft yang dapat di Download di Playstore dan Apple store.

”Kami juga bekerja sama dengan Tokopedia sebagai partner online market place yang sejalan dengan trend belanja online masyarakat di masa pandemi serta solusi yang up to date bagi masyarakat,” imbuh Sandiaga.

Dalam acara ini, Inacraft 2022 juga menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat sebagai ikon dengan tagline  Smiling Heritage of West Java.

Provinsi Jawa Barat memamerkan berbagai kekayaan dan keragaman budaya melalui kerajinan tradisional, modern maupun kontemporer. Tak hanya itu, sebagai ikon dalam pameran provinsi Jawa Barat juga menampilkan kekayaan budaya seperti musik khas Jawa Barat.

Smiling Heritage of West Java (Foto: ThePhrase.id)


"Mudah-mudahan menginspirasi tentang kekayaan intelektualitas kreatifitas dari masyarakat Jawa Barat dan saya yakin pasti pada laku, dan kepada para pengunjung silakan datang dan bawa uang sebanyak-banyaknya untuk belanja di INACRAFT yang luar biasa," ungkap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Inacraft 2022 diikuti oleh kurang lebih 750 UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dari mancanegara. Terdapat 510 UMKM individual, 169 UMKM binaan dinas, dan 49 UMKM binaan BUMN.

Terdapat berbagai produk kreatif yang dipamerkan dalam Inacraft seperti tas, sepatu, baju, aneka dekorasi rumah, perhiasan, keramik dan berbagai kerajinan khas daerah lainnya. Pengunjung dapat menikmati pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini secara gratis.

Booth milik Pakistan turut hadir meramaikan pameran Inacraft 2022 (Foto: ThePhrase.id)


Tiket Inacraft dapat peroleh secara online di Go-tix maupun loket.com atau offline dengan mendatangi secara langsung loket tiket di JCC. Pameran dengan tujuan membangkitkan ekonomi di masa pandemi ini diramaikan dengan berbagai promosi, penampilan budaya tradisional dan konten edutainment yang disiarkan secara hydrid.

Yuk cintai produk lokal Indonesia! [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic