e-biz

Inacraft, Pameran Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Dibuka Jokowi

Penulis Firda Ayu
Oct 05, 2023
Booth Pertamina di INACRAFT (Foto: Istimewa)
Booth Pertamina di INACRAFT (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Inacraft yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Rabu (04/10). Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini membawakan tema From Smart Village to Global Market dan akan diselenggarakan selama 5 hari pada 4-8 Oktober 2023.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pameran Inacraft yang dinilai makin baik dan menarik. 

“Saya melihat dari tahun ke tahun pameran Inacraft ini semakin baik dan semakin menarik, karena brand-nya sudah kita kenal semuanya, sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara,” ujar Presiden dilansir Setkab.

Inacraft  Pameran Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Dibuka Jokowi
Presiden Jokowi pada pembukaan Inacraft 2023 (Foto: presidenri.go.id)

Inacraft 2023 berhasil menggandeng para pengrajin terbaik yang telah diseleksi secara ketat dan selektif untuk mengisi 772 booth di atas area seluas 18.700 meter persegi. Both-booth tersebut terdiri dari para anggota Asephi, dua peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, peserta dari luar negeri dari negara-negara sahabat, dan visitor/tamu baik nasional maupun internasional.

“Pameran Inacraft menargetkan dapat dihadiri 100 ribu pengunjung dengan target transaksi retail sebesar Rp50 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai 1 juta dolar AS atau setara Rp15,47 miliar,” jelas Ketua Umum BPP Asephi, Muchsin Ridjan melalui keterangan resminya.

Gelaran Inacraft tahun 2023 ini makin spesial dengan hadirnya ruang khusus untuk anak-anak muda, youthpreneur dan young artisan tanah air untuk memamerkan karya-karya terbaik mereka. Melalui kehadiran generasi muda kreatif ini, Presiden Jokowi optimis akan masa depan Indonesia yang semakin baik. 

Pada gelaran Inacraft 2023 ini, Rumah BUMN juga turut hadir meramaikan dan memberikan dukungan mereka kepada kemajuan UMKM Indonesia. Salah satu BUMN yang hadir dalam gelaran INACRAFT 2023 adalah Pertamina. 

Inacraft  Pameran Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Dibuka Jokowi
Booth Pertamina di INACRAFT (Foto: Istimewa)

Pertamina mengkurasi lebih dari 66.000 UMKM hingga akhirnya terpilih sebanyak 15 UMKM dari Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) dan 5 UMKM dari Rumah BUMN. 20 UMKM ini menawarkan berbagai produk kerajinan, mulai dari kain, perhiasan dan aksesori unik khas Indonesia.

“Pertamina memiliki mitra binaan di seluruh Indonesia dengan produk-produk unggulan yang siap merambah pasar internasional. Gelaran Inacraft 2023 ini diharapkan menjadi jembatan emas bagi UMKM menuju pasar ekspor,” ungkap Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso dilansir keterangan tertulis, Kamis (05/10).

Selain itu, Pertamina juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk menarik pengunjung, mulai dari melukis batik di kayu dan kain, belajar menganyam tas, booth merchandise MotoGP, hingga kopi Canaya dari Kamojang dengan berbagai diskon dan penawaran menarik. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic