sport

Indonesia Akhiri Asian Games 2022 di Posisi ke-13, Hanya Dapat 7 Medali Emas

Penulis Ahmad Haidir
Oct 09, 2023
Tim Indonesia di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia.
Tim Indonesia di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia.

Thephrase.id - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menilai hasil Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou perlu menjadi catatan bersama menuju Olimpiade Paris 2024. Organisasi olahraga nonpemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari ini menilai seluruh stakeholder dapat duduk bersama dan melakukan evaluasi guna perkembangan olahraga Indonesia.


Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menjelaskan Tim Indonesia memiliki catatan, baik torehan impresif yang ditunjukkan oleh para atlet hingga bahan evaluasi yang perlu segera diperbaiki menuju Olimpiade Paris.


"Kami mendapat banyak referensi dari Asian Games 2022 untuk bahan evaluasi menuju Paris. Pulang dari sini, Kami harus duduk bersama dan mengevaluasi perbaikan-perbaikan yang perlu kita lakukan. Olimpiade Paris tinggal satu tahun lagi dan kualifikasi sudah berjalan, Kami harus mengoptimalkannya," kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.


Tim Indonesia menutup Asian Games Hangzhou dengan raihan 7 medali emas, 11 perak, 18 perunggu. Dengan hasil tersebut, Merah Putih menduduki ranking 13 klasemen akhir.


Okto juga memberikan apresiasi kepada cabang olahraga (cabor) yang telah mengharumkan nama Indonesia, seperti menembak. Sejak menembak pertama kali dipertandingkan di Asian Games 1954, Indonesia baru kali ini mendapatkan emas.


"Ada juga BMX yang melanjutkan tradisi emas yang dicetak di Asian Games 2018. Wushu impresif di negara asal bela diri ini. Panahan mendapat tiket Olimpiade Paris 2024," beber Okto.


"Angkat besi melalui atlet Rahmat Erwin Abdullah meraih emas dan mencatat rekor dunia, rekor Asia dan rekor Asian Games. Speed climbing juga mampu mencatatkan rekor Asian Games, dan perak yang diberikan skateboard, insyaallah, bisa menjadi modal bagi Indonesia lolos kualifikasi di Paris," kata Okto.


Sementara terkait adanya cabor yang meleset dari target, Okto meminta agar warganet tidak merundung para atlet di media sosial.


"NOC Indonesia tidak membeda-bedakan atlet, baik yang menang dan belum berhasil mendapat perlakuan sama. Saya atas nama pribadi dan NOC Indonesia mengecam warganet yang mengecam netizen yang tidak bertanggung jawab yang menganggu konsentrasi atlet," tegas Okto.

Indonesia Akhiri Asian Games 2022 di Posisi ke 13  Hanya Dapat 7 Medali Emas
Indonesia mengakhiri Asian Games 2022 di posisi ke-13. Foto: NOC Indonesia

"Sebab, atlet adalah aset bangsa. Atlet sudah berjuang untuk kita semua, sehingga tidak layak mendapat perlakuan yang tidak baik," kata Okto.


Ia berharap, hasil di Asian Games dapat menjadi evaluasi untuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). "Kami juga beruntung di Asian Games kali ini adalah Pak Bas yang menjadi CdM. Beliau adalah MenPUPR yang sekaligus bisa memberi input terhadap olahraga kita, sekaligus venue guna latihan dan bertanding para atlet," ujar Okto.


Di sisi lain, Chef de Mission Tim Indonesia untuk Asian Games 2022, Basuki Hadimuljono berterima kasih atas kepercayaan NOC Indonesia dan Kemenpora untuk menjadi pemimpin kontingen. Basuki menilai Asian Games 2018 menjadi pengalaman berharga baginya untuk berinteraksi para atlet.


"Saya mohon maaf jika dalam menjalankan tugas, jika ada yang kurang berkenan, kami mohon maaf. Tapi tujuan utama kami adalah melayani atlet. Terkait evaluasi, olahraga tentu ada tolak ukurnya. Di Asian Games 2014, di ranking 17, dan di sini 13. Evaluasinya kami perlu di cabor, pemerintah yang bertanggung jawab harus ditingkatkan," imbuh Basuki.


"Pertama sarana dan program. Setau saya, anggaran tidak jadi soal. Progam harus dievaluasi, karena anggaran juga pasti menyesuaikan program. Ini yang harus dibenahi jika sasaran kita mau Olimpiade. Saya akan berbiara dengan Kemenpora dan Kemenkeu," kata Basuki.


Sementara itu, China keluar sebagai juara Asian Games 2022 dengan torehan 201 medali emas, 111 perak, dan 71 perunggu, disusul Jepang dengan 52 keping emas, 67 perak, dan 69 perunggu. 

 
Related News

Popular News

 

News Topic