
ThePhrase.id – Pameran solusi dan inspirasi kegiatan outing, team building, dan event kebersamaan pertama di Indonesia, Indonesia Outing Expo (IOE) 2025 resmi digelar 14 -16 November 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan.
Pameran yang diadakan oleh PT Panorama Media ini didedikasikan khusus untuk menjembatani kebutuhan interaksi tatap muka yang bermakna di tengah laju digitalisasi yang cepat. Gelaran IOE 2025 menghadirkan lebih dari 100 vendor dan brand yang telah dikurasi, seperti Best Western Hotel, Bobobox, Super Park, Sunsetfalls, hingga White Horse.
Edisi perdana IOE 2025 ini hadir sebagai wadah strategis bagi perusahaan, sekolah, komunitas, dan pelaku bisnis untuk menemukan ide, vendor, dan mitra terbaik dalam merancang kegiatan kebersamaan, sekaligus mendukung pertumbuhan industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) di Indonesia. Industri MICE sendiri diproyeksikan akan semakin populer dengan pertumbuhan mencapai 7,4 miliar dolar AS di tahun 2032.
Membuka gelaran ini, Andita Tirtawisata, Direktur Panorama Media menegaskan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan pengalaman kebersamaan yang berdampak.
“Di era serba cepat ini, kualitas hubungan dan kolaborasi tim menjadi aset terpenting sebuah organisasi. Kami melihat adanya pergeseran, di mana perusahaan membutuhkan pengalaman outing yang terencana, insightful, dan memberikan kesan positif,” jelas Andita.
Dukungan penuh dari asosiasi profesional juga disampaikan oleh Gigih Gesang, Ketua Umum DPP Asosiasi Experiential Learning Indonesia atau AELI yang menyoroti bahwa aspek pembelajaran dan pembangunan karakter tim harus lebih dari sekadar permainan.
"Melalui IOE, kami mengajak pelaku usaha untuk menemukan mitra experiential learning yang profesional, yang mampu merancang aktivitas yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi, kepemimpinan, dan bonding tim secara nyata," ucap Gigih.
Selain itu, ajang ini juga didukung oleh DPD Industri Event Indonesia (IVENDO) Jakarta, Indra Kuswara, yang menekankan bahwa IOE 2025 membawa angin segar serta perspektif baru di industri MICE Indonesia.
Indra juga menyebut bahwa IOE bisa menjadi platform yang secara unik mengisi kekosongan di pasar event Indonesia, karena secara spesifik dapat menyajikan solusi team building dan outing yang lebih fokus.
Pada kesempatan yang sama, Gigih juga mengapresiasi pameran ini sebagai peluang kolaborasi bagi industri taman rekreasi dan wisata sebagai kanvas bagi team building yang efektif.
Ajang IOE 2025 menyatukan para penyedia hotel, resort, destinasi wisata, restoran dan penyedia kuliner, event untuk kebutuhan konsumsi, hingga solusi transportasi dan akomodasi.
Bak one stop shopping, IOE 2025 menjadi destinasi wajib bagi divisi HRD, manajer marketing, perwakilan sekolah, dan ketua komunitas yang bertanggung jawab dalam merancang pengalaman kebersamaan yang berkesan dan berdampak.
Pengunjung dapat mengunjungi acara ini secara gratis dengan mendaftar melalui tautan: https://indooutingexpo.co.id/ticket. [fa]