sport

Indonesia Rebut Medali Emas Ketiga di Asian Games 2022 Lewat Harris Horatius

Penulis Ahmad Haidir
Sep 27, 2023
Harris Horatius meraih medali emas di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia
Harris Horatius meraih medali emas di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia

Thephrase.id - Tim Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Medali emas ketiga disumbangkan Harris Horatius dari cabang olahraga (cabor) wushu.


Bertempat di di XSG Sports Centre pada Selasa, 26 September 2023, Harris lebih dulu turun di nomor Nanquan dan berhasil meraih skor 9,756 poin. Harris mengalahkan wakil Korea Selatan, Lee Yongmun yang mendapatkan 9,736 poin dari juri dan Chi Lung Lau dari Hongkong dengan skor 9,730.


Pada pertandingan di nomor Nangun, Harris yang merupakan peringkat ketiga dunia di nomor Men’s Nangun pada 2019 ini kembali mendapatkan poin tertinggi 9,750 sekaligus memastikan medali emas ketiga buat Tim Indonesia di Asian Games 2022.


Wakil Makau, Junhua Huang menempati urutan kedua nomor Nangun dengan capaian 9,740 poin dan wakil Korea Selatan Lee Yong Mun mendapatkan 9,736 poin.


Total, Harris mengumpulkan 19,506 poin disusul wakil Korea Selatan Lee Yong Mun di urutan kedua dengan raihan 19,472 poin dan Huang memastikan medali perunggu dengan total 19,463 poin.


Buat Harris, ini merupakan medali emas pertamanya di Asian Games. Ia menempati peringkat ke-9 untuk nomor men’s nanquan dan nangun All-around pada Asian Games 2018.


"Alhamdulillah bersyukur atas dukungan semuanya, akhirnya medali emas bisa diambil dari wushu. Harris memang yang kita targetkan untuk dapat emas," ucap Ngatino, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia.


Sampai saat ini, Tim Indonesia sudah meraih 3 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu. Tim Indonesia masih berepeluang menambah pundi-pundi medali dari beberapa cabang olahraga yang masih dan belum berlangsung.

"Masih ada dua atlet kita lagi dari nomor taolu yang akan main. Dari nomor sanda juga masih ada. Kita semua minta atlet untuk memberikan yang terbaik tentunya," ujar Ngatino.


Sementara itu, banyak yang terjadi selama lima tahun terakhir, sejak Harris Horatius menempati peringkat sembilan nomor nanquan dan nangun di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Indonesia Rebut Medali Emas Ketiga di Asian Games 2022 Lewat Harris Horatius
Indonesia sudah mendapatkan tiga medali emas di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia

Salah satunya kejadian yang membuat Harris sempat ingin memutuskan pensiun dini dari wushu. Namun, dukungan dari keluarga, pelatih dan pengurus Wushu Indonesia membuat niat itu urung dilakukannya.


"Banyak sekali yang terjadi selama empat tahun ini, naik dan turun dalam hidup. Saya juga sempat mau stop, tapi puji tuhan ada orang-orang yang suport, orang tua, pelatih, pengurus semua mendukung," kata Harris.


“Mereka mengatakan kalau Harris masih bisa dan saya percaya dengan mereka, mereka punya harapan jadi apa yang diharapkan mereka saya melakukan yang terbaik," sambungnya.


Setelah itu, Harris melanjutkan hidupnya bersama wushu. Latihan demi latihan terus dilanjutkan dengan fokus dan serius dan membuahkan hasil positif bagi perkembangan prestasi Harris di wushu.


Sebut saja, juara dunia nomor duilian di Shanghai 2019, peringkat ketiga dunia men's nangun 2019, medali emas nomor men's duilian di SEA Games 2019 Hanoi, perak nanquan, nandao & nanguan di SEA Games 2019 serta terakhir perak di nomor nandao dan nangun all around SEA Games 2023 Kamboja.


Perjuangan panjang dilakukan Harris. Tak hanya latihan, tapi juga perjuangan untuk jauh dari keluarga yang disayanginya.


"Hal paling sulit adalah harus jauh dari keluarga, karena saya sudah berkeluarga. Sudah tiga bulan sampai hari ini saya belum pulang," akunya.


Perjuangan dan kerja keras Harris yang akan berulang tahun ke-28 pada 11 Oktober 2023 pun membuahkan hasil. Medali emas Asian Games yang diharapkan bisa terpenuhi di Hangzhou.


"Nerveous tetap ada, tapi sedikit karena persiapan di latihan semua sudah siap. Asian Games sekarang saya tampil dengan kondisi tidak cedera dan sangat sehat," beber Harris.


"Saya mempersembahkan medali emas ini buat negara, Indonesia Raya sudah terdengar. Puji Tuhan saya sangat bersyukur dan ini juga untuk orang tua dan istri saya," ungkap Harris.

 
Related News

Popular News

 

News Topic