sport

Indonesia Tambah Atlet Panjat Tebing Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Penulis Rangga Bijak Aditya
Nov 14, 2023
Rahmad Adi Mulyono lolos ke Olimpiade Paris 2024 dari cabor panjat tebing (Foto: Kemenpora)
Rahmad Adi Mulyono lolos ke Olimpiade Paris 2024 dari cabor panjat tebing (Foto: Kemenpora)

ThePhrase.id - Satu lagi atlet panjat tebing Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ia adalah Rahmad Adi Mulyono yang telah memastikan langkah ke pesta olahraga empat tahunan.

Rahmad memastikan lolos ke Paris 2024 setelah tampil sebagai yang terbaik di Kejuaran Panjat Tebing International Federation of Sport Climbing (IFSC) Asian Qualifier 2023. Ia lolos dari nomor speed dalam kejuaraan yang berlangsung di Lot 11 GBK, Jakarta, Minggu (12/11/2023) malam.

Catatan waktu Rahmad hingga tampil sebagai juara adalah 5,35 detik. Tampil sebagai juara membuatnya melangkah pasti ke Paris tahun depan.

Dalam partai final, Rahmad mengalahkan rekan senegaranya: Kiromal Katibin. Rahmad yang awalnya kurang difavoritkan, ternyata mampu tampil lebih baik, bahkan Kiromal sempat terjatuh saking terburu-buru menandangi kecepatan Rahmad di partai final.

“Senang banget bisa lolos ke Paris. Apalagi saya lolos saat Indonesia menjadi tuan rumah kualifikasi. Hasil ini berkat kerja keras semuanya,” ujar Rahmad.

Atlet dari Surabaya berusia 22 tahun itu sebetulnya mengaku terkejut dengan keberhasilannya lolos ke Paris 2024. Sebab, persaingan lolos ke Olimpiade terbilang ketat.

“Nomor speed bicara soal kecepatan semuanya, jadi enggak bisa diprediksi. Masalah di nomor speed hanya dua, kalau enggak false start, ya jatuh. Siapa yang lolos itulah yang terbaik buat Indonesia,” Rahmad, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya itu.

Buah Pembinaan FPTI

Sebelum Rahmad, atlet Indonesia panjat tebing lainnya yang sudah lolos ke Olimpiade adalah Desak Made. Ia lolos di nomor speed putri.

Ketua Dewan Penasihat Pengurus Pusat FPTI, Gatot Eddy Pramono, mengatakan dua tiket yang sudah didapat Indonesia merupakan buah pembinaan berkelanjutan di panjat tebing. Ke depan pembinaan akan diintensifkan lagi.

“Kunci dari sukses ini adalah pembinaan atlet yang profesional dan penyelenggaraan kejuaraan internasional yang masif,” kata Gatot Eddy Pramono.

Indonesia pun masih memiliki peluang untuk meloloskan lagi atlet panjat tebing ke Paris 2024. Itu karena masih ada dua kualifikasi lagi yang bisa diikuti.

Kualifikasi iu adalah seri kedua kejuaraan duania panjat tebing di Shanghai, 16=19 Mei 2024. Kemudian ada lagi turnamen di Ludovika, Budapest, pada 23 Juni 2024 yang sekaligus menandai berakhirnya kualifikasi panjat tebing Olimpiade Paris 2024. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic