Ini Keunggulan Jam Pintar Apple Watch Series 8

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Apple baru saja memperkenalkan perangkat jam pintar terbarunya, Apple Watch Series 8 yang hadir dengan teknologi serta fitur keamanan baru pada ajang Apple Event 2022 yang digelar pada 7 September 2022 waktu AS.

“Kami mendengar dari pelanggan bagaimana Apple Watch membantu mereka tetap terhubung dengan orang yang dicintai, menjadi lebih aktif, dan menjalani kehidupan yang lebih sehat. Apple Watch Series 8 memperkuat komitmen kami di area ini dengan penambahan teknologi perintis. Didukung oleh watchOS 9, jam tangan pintar terbaik menghadirkan kemampuan lebih dari sebelumnya,” ujar Jeff William, Chief Operating Officer (COO) Apple.

Hadir Dengan Kekuatan Baru

Meski memiliki penampilan yang mirip, suksesor dari Watch Series 7 ini hadir dengan chipset terbaru. Jam pintar satu ini hadir dengan chip S8 yang dapat memberikan efisiensi yang lebih baik pada jam tangan tersebut.

Foto: Fitur Pelacakan Siklus Menstruasi Apple Watch (dok. Apple)

Selain itu, Apple Watch Series 8 juga dibekali fitur baru yang meliputi sensor suhu. Apple mengklaim bahwa sensor suhu pada jam tangan pintar ini dapat memindai suhu pengguna setiap lima detik dan dapat mendeteksi perubahan suhu meskipun hanya 0,1 derajat celcius.

Hal ini karena Apple Watch Series 8 mengambil pendekatan unik untuk penginderaan suhu dengan desain dua sensor. Satu sensor di bagian belakang jam tangan, paling dekat dengan kulit, dan satu lagi tepat di bawah layar untuk mengurangi bias dari lingkungan luar.

Sensor tersebut sangat berguna bagi wanita yang ingin mencatat siklus menstruasinya. Pengguna dapat menerima perkiraan ovulasi yang dapat membantu proses program kehamilan yang dapat diakses di aplikasi Health. Penginderaan suhu juga memungkinkan prediksi menstruasi yang lebih baik.

Selain itu, dengan iOS 16 dan watchOS 9, semua pengguna Pelacakan Siklus Menstruasi sekarang dapat menerima pemberitahuan jika riwayat siklus yang dicatat menunjukkan kemungkinan penyimpangan, seperti menstruasi yang tidak teratur, jarang, atau berkepanjangan, dan bercak terus-menerus, yang dapat menjadi gejala kondisi kesehatan.

Pendeteksi Kecelakaan

Apple juga turut memboyong fitur pendeteksi kecelakaan yang hadir pada lini smartphone terbaru Apple, iPhone 14.  Untuk mengaktifkan Crash Detection, Apple mengembangkan algoritma fusi sensor canggih yang memanfaatkan giroskop dan akselerometer baru yang lebih kuat yang kini memiliki akselerometer rentang dinamis tertinggi di jam tangan pintar mana pun.

Foto: Fitur Pendeteksi Kecelakaan Apple Watch (dok. Apple)

Untuk membuat algoritma, data dikumpulkan dari sensor gerak baru ini di laboratorium uji tabrak profesional dengan mobil penumpang umum dalam simulasi kecelakaan di dunia nyata, termasuk head-on, rear-end, side-impact, dan rollover. Selain data gerakan, deteksi kecelakaan menggunakan barometer, GPS, dan mikrofon di iPhone sebagai input untuk mendeteksi pola unik yang dapat menunjukkan apakah terjadi kecelakaan parah.

Saat Apple Watch mendeteksi tabrakan mobil yang parah, perangkat akan menghubungi pengguna dan menghubungi layanan darurat jika mereka tidak merespons setelah hitungan mundur 10 detik. Petugas darurat akan menerima lokasi perangkat pengguna, yang juga dibagikan dengan kontak darurat pengguna.

Mode Low Power

Untuk memastikan pengguna terus terkoneksi, Apple juga memberikan fitur Low Power yang dapat memperpanjang masa guna baterai hingga 36 jam. Mode baru ini akan menonaktifkan atau membatasi sensor dan fitur tertentu untuk sementara, termasuk layar Retina Selalu Aktif, autostart latihan, pemberitahuan kesehatan jantung, dan banyak lagi.

Line Up Series 8
Foto: Apple Watch Series 8 dalam warna Starlight (dok. Apple)

Apple Watch seri 8 akan tersedia dalam berbagai lapisan penutup, warna, dan jenis tali jam yang dapat disesuaikan dengan berbagai gaya pribadi. Apple Watch Series 8 hadir dalam casing aluminum dan stainless steel dalam dua ukuran, 41mm dan 45mm, dan kompatibel dengan semua tali jam.

Warna casing aluminium untuk Apple Watch seri 8 ini mencakup Starlight, Midnight, Silver, dan (PRODUCT)RED, sedangkan casing stainless steel menawarkan warna silver, graphite, dan gold. Dengan Apple Watch Studio, Apple Watch Series 8 dapat dipasangkan dengan band apa pun yang tersedia dalam koleksi yang sama.

Belum diketahui kapan lini jam pintar terbaru Apple akan luncur di Indonesia. Namun jam tangan ini sudah bisa dipesan untuk pasar Amerika Serikat dengan harga sebagai berikut:

  • Harga Apple Watch Series 8 (GPS) – 399 dolar AS (Rp 5,9 juta)
  • Harga Apple Watch Series 8 (GPS+seluler) – 499 dolar AS (Rp 7,4 juta)

[nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you