lifestyle

Instagram Luncurkan Fitur Reels yang Mirip dengan TikTok

Penulis Nadira Sekar
Jul 02, 2021
Instagram Luncurkan Fitur Reels yang Mirip dengan TikTok
Foto: instagram.com


ThePhrase.id - Instagram sebagai salah satu platform sosial media terbesar di dunia terus mengembangkan teknologi dan fitur yang diberikan untuk para penggunanya. Salah satunya kini dengan meluncurkan fitur Instagram Reels.

Fitur ini sudah mulai dinikmati masyarakat Indonesia mulai Rabu (24/6) lalu. Fitur Reels akan muncul setelah pengguna melakukan pembaruan atau update aplikasi Instagram melalui Google PlayStore maupun App Store.

Instagram Reels sendiri disebut memiliki fungsi layaknya aplikasi media sosial TikTok. Instagram Reels sendiri sebenarnya telah rilis sejak 5 Agustus 2020. Namun, Instagram masih melakukan perilisan secara bertahap untuk pengguna di seluruh dunia.

Dikutip dari rilis Instagram, reels sendiri memungkinkan para pengguna Instagram untuk membuat video berdurasi pendek dengan audio, efek dan berbagai fitur kreatif. Video reels yang dibuat juga dapat dibagikan di Feed atau laman utama profil Instagram pengguna.

Instagram Reels vs TikTok

Foto: Perbedaan TikTok dan Reels (instagram.com/ranzkyle dan TikTok charlie d’amelio)


Meskipun TikTok dan Reels keduanya dibangun dengan konsep yang sama, batasan 30 detik Reels menawarkan pengalaman yang berbeda. Limit 30 detik pada fitur Reels membatasi penggunaanya untuk sekadar pesan singkat, sedangkan batas 60 detik TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat beberapa seri mini. Koleksi audio di TikTok tidak terbatas pada musik pop. Penggunanya terus-menerus membuat suara baru, yang kadang-kadang menjadi bagian dari tren baru, dan bahkan telah memberikan popularitas kepada musisi independen.

Reels juga menawarkan beragam pilihan audio. Namun, tidak bisa dibandingkan dengan besarnya audio TikTok. Mayoritas audio di Reels berasal dari video TikTok. Teknik ini efektif, tetapi masih membuat Reels dan pemirsanya bergantung pada TikTok untuk membuat video yang akan berkinerja baik dalam algoritme.

Tren TikTok sering dipengaruhi oleh efek video yang unik. Reels hanya menyertakan filter Instagram Stories dan tidak memiliki efek sebanyak TikTok. Efek khusus terkadang diperlukan untuk pengguna yang berusaha mengikuti tren.

Meski adanya persaingan, TikTok tetap menjadi platform terbaik untuk produksi video pendek. Reels adalah upaya Instagram untuk merebut kembali audiensnya. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika dimanfaatkan secara maksimal.

Kedua platform bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Instagram Reels dan TikTok tidak diragukan lagi memantulkan ide satu sama lain yang cukup bermanfaat bagi bisnis atau pribadi penggunanya.

[nadira]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic