tech

Instagram Luncurkan Flipside, Fitur Baru yang Gantikan Second Account

Penulis Nadira Sekar
Jan 30, 2024
Foto: Tangkapan Layar Fitur Flipside Instagram (dok. ThePhrase.id/ Nadira)
Foto: Tangkapan Layar Fitur Flipside Instagram (dok. ThePhrase.id/ Nadira)

ThePhrase.id - Bagi para pengguna Instagram, konsep second account (akun kedua) atau finsta (fake/friend instagram) mungkin sudah tidak asing lagi. 

Ini merujuk pada akun kedua atau akun cadangan yang dibuat oleh pengguna Instagram dengan tujuan berbeda daripada akun utama mereka. Konsep ini umumnya digunakan untuk berbagi konten yang lebih pribadi, santai, atau lucu dengan kelompok teman yang lebih kecil dan lebih terpercaya.

Berbeda dengan akun utama yang mungkin diisi dengan konten yang lebih "diperhalus", second account atau finsta memberikan ruang bagi pengguna untuk lebih bebas dan autentik dalam berbagi. Ini dapat mencakup foto-foto candid, cerita yang lebih pribadi, atau bahkan meme dan konten lucu yang mungkin tidak sesuai untuk akun utama.

Pembuatan finsta biasanya dilakukan dengan membuat akun kedua dengan email baru. Kemudian pengguna akan menetapkan username yang lebih eksklusif agar tidak mudah ditemukan oleh semua orang. Pengguna kemudian hanya memberikan akses finsta mereka kepada teman-teman dekat atau orang-orang yang mereka percayai.

Namun, pembuatan akun kedua dengan email baru dan pengaturan username eksklusif dapat menjadi proses yang cukup rumit.

Menyadari fenomena ini, Instagram akhirnya merilis fitur Flipside yang menggantikan konsep second account. Namun, berbeda dengan second account yang menggunakan dua akun yang berbeda, Flipside dapat dinikmati hanya dengan satu akun saja. Dengan kata lain, pengguna Instagram kini dapat memiliki dua profil berbeda dalam satu akun. 

Untuk menggunakan Flipside Instagram, pastikan aplikasi Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Cek antarmuka profil untuk melihat apakah ikon 'kunci' sudah muncul. Instagram juga akan memberikan notifikasi jika akun Anda telah memiliki akses ke Flipside.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan Flipside Instagram:

  • Tekan ikon 'Kunci' pada antarmuka profil Instagram.
  • Pilih 'Add Friends' untuk menambahkan akun teman atau keluarga yang dapat melihat akun Flipside Anda.
  • Tulis username dan lengkapi bio sesuai preferensi Anda.
  • Pilih 'Create' untuk mengunggah foto atau video yang mencerminkan sisi alternatif dari diri Anda.

Anda dapat menambahkan teman yang diizinkan melihat Flipside Instagram. Postingan atau Story Flipside hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang telah ditambahkan ke daftar tersebut dan tidak akan muncul di akun utama Anda. 

Jika ingin kembali ke profil utama Instagram, pengguna dapat mengklik ikon kunci yang terletak di bagian kanan bawah laman Flipside.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic