ThePhrase.id - Instagram baru saja meluncurkan fitur trial reels yang memungkinkan kreator untuk menguji performa konten mereka sebelum memutuskan apakah akan membagikannya kepada pengikut.
“Jika Anda pernah ingin mencoba ide-ide baru tanpa khawatir dengan reaksi pengikut Anda, trial reels adalah alat yang Anda butuhkan. Fitur ini membantu Anda memahami performa konten tanpa harus menebak-nebak,” tulis Instagram dalam keterangan resminya.
Instagram menyebut bahwa banyak kreator merasa ragu untuk mencoba format atau topik baru karena takut tidak sesuai dengan selera pengikut. Dengan Trial Reels, kreator dapat menguji konten mereka pada audiens yang bukan pengikut. Jika hasilnya memuaskan, konten tersebut dapat dibagikan secara luas hanya dengan satu ketukan.
Untuk menggunakannya, buat reels seperti biasa dan sebelum membagikannya, aktifkan opsi “Trial” dengan mengetuk toggle yang tersedia. Setelah dibagikan, trial reels akan muncul di profil pengguna bersama dengan drafts lainnya. Hanya pengguna yang dapat melihat bahwa konten tersebut adalah trial. Konten ini tidak akan terlihat di grid utama profil atau tab Reels kecuali pengguna memilih untuk membagikannya kepada semua orang.
Pengikut juga tidak akan melihat trial reels di feed mereka atau di tab Reels, kecuali ditemukan secara tidak langsung, misalnya melalui pesan langsung dari seseorang yang membagikan reel tersebut, atau pada halaman yang menampilkan reels berdasarkan audio, lokasi, atau filter yang sama.
Sekitar 24 jam setelah membagikan trial reel, pengguna dapat mengakses metrik utama seperti jumlah tayangan, likes, komentar, dan shares melalui reels viewer. Instagram juga menyediakan wawasan tentang performa konten tersebut dibandingkan dengan trial reels sebelumnya. Jika performa trial reel bagus, pengguna dapat memilih opsi “Bagikan dengan Semua Orang,” yang memungkinkan konten tersebut muncul di grid profil dan didistribusikan ke semua surface di Instagram.
Untuk mempermudah, Instagram juga menawarkan pengaturan otomatis yang dapat diaktifkan saat membuat trial reels. Dengan pengaturan ini, Instagram akan secara otomatis membagikan trial reels kepada semua orang jika performanya memenuhi jumlah tayangan tertentu dalam 72 jam pertama. Pengaturan ini dapat diubah kapan saja sesuai kebutuhan. [nadira]