Intel Core i9-13900KS, Prosesor Berkecepatan 6 GHz Pertama di Dunia

-

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Perusahaan teknologi Intel baru saja mengumumkan prosesor desktop terbarunya,  Core i9-13900KS yang hadir dengan kecepatan yang belum pernah hadir sebelumnya. Prosesor Intel generasi ke-13 ini alias Raptor Lake masuk dalam kategori prosesor kelas atas.

Foto: dok. Intel

Prosesor ini hadir dengan kecepatan frekuensi turbo hingga 6,0 gigahertz (GHz) yang menjadikannya prosesor pertama di industri PC di dunia yang melewati ambang batas tersebut. Generasi sebelumnya, Core i9-13900K yang dirilis pada September 2022 lalu hadir dengan kecepatan 5.8 GHz.

Kecepatan baru itu bisa dicapai berkat dukungan fitur Thermal Velocity Boost yang memungkinkan prosesor bekerja lebih cepat ketika suhunya stabil. Intel sendiri mengungkapkan bahwa prosesor ini dibuat untuk mendukung game kelas dunia dan menciptakan pengalaman terbaik bagi penggemar desktop.

“Core i9-13900KS melanjutkan keunggulan keluarga prosesor desktop Intel Core Generasi ke-13 kami, menampilkan peningkatan performa baru yang dimungkinkan oleh arsitektur hybrid performa kami. Gamer dan penggemar berat kini dapat mendorong kinerja sehari-hari mereka lebih jauh dari sebelumnya dengan prosesor desktop pertama di industri PC yang menyediakan stok kecepatan 6,0 GHz.” ujar Marcus Kennedy, Intel Client Computing Group manager, Gaming and Channel.

Intel Core i9-13900KS hadir dengan 24 core yang terdiri dari 8 core performa dan 16 core efisien. Prosesor 150 watt ini juga dilengkapi dengan 32 thread, Intel Smart Cache hingga 20 jalur PCIe, termasuk 16 PCIe 5.0 dan empat PCIe 4.0.

Selain itu, prosesor canggih ini juga telah mendukung RAM DDR5 5600 MT/s dan DDR4 3200 MT/s, serta memiliki dukungan untuk Intel Optane Memory, dan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0, memungkinkan performa yang lebih lebih. Ini juga telah kompatibel untuk dipasangkan dengan motherboard Z790 and Z690 dengan BIOS terbaru untuk mendapatkan pengalaman gaming yang optimal.

Prosesor ini tersedia mulai 12 Januari 2023, dengan harga pelanggan yang disarankan mulai dari $699 atau sekitar Rp10.5 juta. Ini dapat ditemukan di pengecer di seluruh dunia sebagai prosesor kotak dan diintegrasikan ke dalam sistem dari saluran Intel dan mitra OEM. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you