Intip Keindahan dan Tradisi Kampung Adat Bena Ngada, Flores

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Flores, Nusa Tenggara Timur mempunyai Kampung Adat Bena Ngada yang tak kalah indah dengan Labuan Bajo, Pink Beach dan Pulau Komodo. Untuk yang tertarik dengan seni budaya tradisional kampung adat ini bisa menjadi destinasi wisata untuk dikunjungi.

Pada bulan September ini, seni budaya tradisi kampung adat dikurasi dalam acara tahunan Flores yaitu Wolobobo Ngada Festival 2022. Acara ini akan berlangsung dari 14 – 24 September 2022.

Salah satu lokasi dalam festival tersebut adalah Kampung Adat Bena yang merupakan kampung tradisional dengan keindahan alam yang asri. Terletak di kaki Gunung Inerie, masyarakat kampung ini sangat berpegang erat dengan tradisi adat dan budaya serta warisan leluhurnya.

Kampung Adat Bena Ngada. (Foto: dok. Kemendikbud)

Masyarakat kampung Bena yang termasuk dalam Suku Bajawa ini memiliki ciri khas lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa. Mereka mempercayai keberadaan dewa Yeta yang bersinggah di gunung untuk melindungi kampung mereka.

Keasrian dari kampung ini juga dapat dilihat dari arsitektur dan tatanannya karena belum tersentuh oleh teknologi. Arsitektur yang sederhana menggambarkan bentuk rumah tradisional bernama Sa’o.

Kepercayaan mereka terhadap keberadaan dewa tersebut tercermin pada bangunan rumah tradisional dengan memiliki pintu masuk kampung menghadap gunung dan pintu keluar menghadap sungai. Selain itu, kepercayaan mereka dicerminkan pada kehidupan sehari-hari dengan menganut sistem matrinieal. Hal tersebut karena mereka percaya bahwa gunung Inerie merupakan ibu dari leluhur mereka.

Kampung Adat Bena
Gunung Inerie. (Foto: Indonesia.travel)

Kekentalan tradisi dan budaya yang dipegang erat oleh masyakatnya sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Kemudian menurut catatan pemerintah setempat, kampung ini diperkirakan sudah ada sejak 1.200 tahun yang lalu.

Tak hanya budaya saja, Flores juga memiliki kunggulan dalam kopinya yaitu biji kopi Bajawa dengan karaktersitik yang unik dan berkualitas tinggi.

Dalam Wolobobo Ngada Festival 2022, akan ada program Ngada Culture Walk untuk mengelilingi kampung ini sambil memperdalami kebudayaan, tradisi dan seninya. Juga untuk merasakan keramahan masyarakat kampung adat Bena ini. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you