Intip Keseruan Jakarta Internasional Photo Festival 2022

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Bagi pecinta fotografi, Jakarta memiliki acara khusus yaitu Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2022 yang akan digelar mulai 9 September hingga 25 September 2022. Tak hanya pameran saja, festival ini menyediakan berbagai acara seru bagi pecinta fotografi.

Tentunya untuk acara yang hits,  lokasi JIPFest 2022 juga digelar di tempat nongkrong hitsnya Jakarta yaitu di daerah Blok M.

Jakarta International Photo Festival 2022 merupakan acara ketiga yang digelar di Ibu Kota dan sebagai wadah fotografer mengenalkan karyanya kepada publik.

JIPFest 2019 di Tugu Kunstkring Paleis. (Foto: JIPFest)

Tak hanya itu, JIPFest 2022 juga menjadi wadah bagi publik untuk berdialog dan bertukar cerita dengan fotografer untuk mempelajari lebih dalam mengenai fotografi.

Acara ini juga bertujuan mengenalkan fotografer Tanah Air pada panggung yang lebih luas lagi hingga pecinta fotografi internasional. Festival tahunan ini diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri mencakup fotografer, redaktur foto, akademisi, pemilik galeri, kurator dan kritikus foto, serta perwakilan komunitas fotografer.

Dengan mengusung tema Revival, JIPFest 2022 ingin menyoroti bagaimana manusia bangkit dari keterpurukan, menemukan  momen, mencari dukungan hingga menggerakan perubahan. Tema ini juga sesuai dengan semangat masyarakat dalam berusaha pulih dari efek pandemi.

Beberapa program menarik juga dapat diikuti secara gratis loh!

Saturday Night Photo Screening di Theater Bulungan

Selama acara ini berlangsung sepanjang bulan September, photo screening ini akan digelar setiap malam minggu di Theater Bulungan mulai dari pukul 19.00 sampai 20.00 WIB.

Berbagai macam hasil fotografi karya dalam negeri maupun luar negeri akan ditampilkan. Kamu hanya perlu booking tempat duduk saja untuk dapat menikmati karya fotografi yang beragam melalui website https://jipfest.com/2022/09/saturday-night-photo-screening-at-bulungan-theater/.

Artist Talk

Dilaksanakan di Theater Bulungan, artist talk membawakan beberapa fotografer professional untuk menjelaskan mengenai fotografi yang sudah dihasilkan. Seperti Nick Hannes seoarang yang sudah bekerja sebagai photo journalist selama delapan tahun akan menjelaskan mengenai fotografi dokumenter sebagai kritik sosial.

Pada sesi-sesi artist talk, kamu dapat mempelajari berbagai macam perspektif dalam fotografi dari orang-orang yang bertalenta dan berpengalaman.

Selain itu ada juga program berbayar untuk mempelajari street photography.

Urban Photo Tour

Jakarta Internasional Photo Festival
Little Tokyo Blok M salah satu venue JIPFest 2022. (Foto: JIPFest)

Dengan mentor yang berpengalaman seperti Safir Makki, Widya Sartika Amrin, Homer Harianja dan Chris Tuarissa,  kamu akan berkeliling di sekitar blok M untuk belajar mengambil foto dari berbagai angle dan perspektif.

Dengan harga Rp 300.000, kamu akan belajar banyak hal dari mentor yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Tentunya yang dibutuhkan adalah kamera digital bukan kamera hp.

Diakhir sesi, hasil terbaik akan dipilih oleh masing-masing mentor untuk dipresentasikan dalam Saturday Night Photo Screening di Theater Bulungan.

Masih banyak lagi kegiatan yang disediakan oleh JIPFest 2022 ini, mulai dari meet and greet, photobook exhibition, photo exhibition, photo fair hingga workshop. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mempelajari berbagai hal mengenai fotografi terutama bagi yang memiliki hobi dalam bidang ini! [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you