iOS 16 vs iOS 15, Apa Bedanya?

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Pada ajang Apple WWDC 2022 yang dilaksanakan bulan Juni 2022 lalu, Apple memamerkan sistem operasi iOS terbarunya, iOS 16. Kini, sistem operasi iOS 16 bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Seperti diketahui dengan setiap pembaruan OS, Apple menghadirkan sejumlah besar fitur baru bersama dengan peningkatan antarmuka dan kinerja. Peningkatan dan fitur apa yang dibawa iOS 16? Apakah lebih baik dari iOS 15? Ini dia perbandingan iOS 15 dengan iOS 16.

Lock screen
Foto: Tampilan Lockscreen iOS 16 (dok. Apple)

Perbedaan pertama antara iOS 16 dan iOS 15 adalah lockscreen. Dibandingkan dengan iOS 15, iOS 16 memiliki perubahan besar dalam gaya antarmuka lockscreen. Di lockscreen baru, pengguna dapat mengubah font dan wallpaper, dan bahkan menempatkan widget.

Pada iOS 16, pengguna  diizinkan untuk menyesuaikan gambar dan diberikan galeri wallpaper untuk membuat antarmuka layar kunci yang lebih personal.

Di iOS 16, notifikasi akan muncul di bagian bawah layar kunci dan akan ditumpuk menjadi satu sehingga lebih nyaman bagi pengguna, terutama pengguna iPhone seri Max.

Live Text
Foto: Fitur Live Text iOS 16 (dok. Apple)

Live Text adalah salah satu fitur tambahan yang paling mengesankan untuk iOS 15. Dan sekarang ada peningkatan lebih lanjut di iOS 16. Pengguna sekarang dapat memeriksa nilai tukar barang secara langsung dengan Kamera.

Pengguna juga dapat menyalin, menerjemahkan, dan membuat kueri teks dalam video, tetapi fitur ini hanya didukung di perangkat yang didukung oleh chip A12 atau lebih tinggi, yaitu iPhone XS, iPhone XR, dan model yang lebih baru.

Aplikasi Foto
Foto: Fitur Shared Library iOS 16 (dok. Apple)

Aplikasi Foto di iOS 16 mendapatkan beberapa pembaruan. Pertama adalah dapat mendeteksi dan menghapus foto duplikat sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi pembersih iPhone untuk membersihkan foto serupa.

Kedua adalah menghapus background gambar sekali klik. Pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan subjek, dan kemudian subjek akan “dipotong” dan ditempelkan di catatan dan antarmuka lain sesuka hati.

Fitur baru ketiga disebut iCloud Photo Library. Pengguna dapat membuat perpustakaan foto dan membaginya dengan keluarga. Ini berfungsi seperti drive jaringan bersama. Anggota lain dapat mengedit foto.

Peningkatan lainnya adalah album yang baru-baru ini dihapus dan disembunyikan di iOS 16 tidak dapat diakses kecuali ID Wajah diverifikasi, artinya pengguna dapat melindungi foto tersembunyi di iPhone dengan kata sandi dengan mudah.

Aplikasi Email
Foto: Aplikasi Email iOS 16 (dok. Apple)

Pengguna iPhone sering lebih suka menggunakan aplikasi email pihak ketiga daripada aplikasi Mail Apple. Tetapi dengan kedatangan iOS 16, beberapa pengguna mungkin berubah pikiran. iOS 16 menghadirkan beberapa fitur baru ke aplikasi Mail.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur email terjadwal sehingga pengguna dapat mengirim email pada waktu tertentu. Dan itu akan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna sebelum pesan terjadwal dikirim.

Saat pengguna mencoba mengirim email, email akan memindainya secara otomatis dan memberitahu pengguna jika ada sesuatu yang penting hilang, seperti lampiran.

Aplikasi Berpesan

Pembaruan besar lainnya untuk iOS 16 adalah kemampuan untuk mengedit dan menghapus pesan yang telah dikirim. Namun, perhatikan bahwa ada batas waktu 15 menit untuk mencabut pesan, dan jika versi iOS penerima lebih rendah dari iOS 16, penerima tetap dapat melihat pengguna mencabut konten.

Di iOS 15, konten yang dikirim dari teman – tautan ke musik, film, dan artikel menarik, dan sebagainya – akan secara otomatis ditempatkan di aplikasi yang relevan. Untuk memeriksanya, pengguna harus menutup aplikasi Pesan dan membuka aplikasi lain. Namun di iOS 16, pengguna tidak perlu membuka aplikasi lain untuk memeriksa konten yang dikirimkan teman. Pengguna dapat memeriksanya langsung di Pesan.

Terlebih lagi, pengguna juga dapat berbagi memo, presentasi, pengingat, grup Safari TAB, dan lainnya untuk kolaborasi instan di aplikasi Pesan iOS 16. Pengguna dapat memeriksa kemajuan terbaru dari proyek bersama dalam percakapan, dan terhubung dengan cepat dengan kolaborator tanpa berpindah aplikasi.

Maps

Aplikasi Maps di iOS 16 telah didesain ulang. Dibandingkan dengan iOS 15, antarmuka jauh lebih bersih dan fungsinya lebih kuat. Aplikasi iOS 16 Maps mendukung perutean multilangkah. Pengguna dapat merencanakan perjalanan dengan hingga 15 pemberhentian berbeda di sepanjang jalan. Dan berkat fitur transit baru, aplikasi ini dapat memprediksi biaya perjalanan. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you