iPhone 14 vs iPhone 13, Sama Saja?

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Apple baru saja merilis seri smartphone iPhone terbaru, termasuk iPhone 14. Meski mengalami sejumlah peningkatan, tak sedikit pengguna yang mengeluhkan kemiripan spesifikasinya dengan pendahulunya iPhone 13 yang rilis tahun 2021 lalu, dengan Apple memfokuskan fitur baru pada seri Pro.

Foto: iPhone 14 (dok. Apple)

Sebelum membeli, yuk simak perbandingan iPhone 14 dan iPhone 13 sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber!

Desain Mirip

Jika dilihat secara sekilas iPhone 14 sangat mirip dengan pendahulunya. Keduanya terbuat dari kaca dan aluminium dengan bagian belakang yang mengkilap. Keduanya hadir dengan Perisai Keramik di kaca depan yang membuat smartphone layarnya lebih tahan akan retakan.

Tata letak modul kamera pada kedua smartphone ini adalah sama yaitu dua kamera disusun secara diagonal di bagian belakang. Namun, di bagian depan iPhone 14 hadir dengan notch yang sedikit lebih kecil daripada iPhone 13. Meski demikian, perubahan tersebut tidak akan terlihat kecuali saat pengguna melakukan perbandingan.

Foto: iPhone 14 (dok. Apple)

iPhone 14 hadir dengan lima pilihan warna yaitu Midnight, Starlight, Blue, Purple dan (Product) Red. Sementara pilihan warna iPhone 13 antara lain Pink, Blue, Midnight, Starlight, Green dan (Product) Red.

Untuk ukuran layar, keduanya memiliki layar OLED 6,1 inch dengan dukungan HDR, kecerahan 600 nits dan kecerahan puncak 1200 nits dengan konten HDR.

Kamera

Jika dilihat spesifikasinya, konfigurasi kamera yang diusung oleh kedua iPhone tersebut terlihat sama. Keduanya sama-sama membawa lensa utama 12 MP dan lensa ultra wide 12 MP serta kamera selfie 12 MP.

Namun, sensor yang digunakan mempunyai sejumlah peningkatan. sensor utama iPhone 14 jauh lebih besar dengan piksel lebih besar (1,9 mikron), dan dengan aperture f/1.5 yang lebih cepat dan stabilisasi gambar (sensor-shift).

Perbaikan ini membuat hasil foto dan video yang lebih baik, memberikan detail yang lebih baik dan lebih sedikit noise. Mode malam juga ditingkatkan dengan eksposur dua kali lebih cepat. Fitur Photonic Engine membantu meningkatkan kinerja cahaya rendah di semua kamera.

Kamera depan pada iPhone 14 juga mengalami perubahan. Kamera TrueDepth baru ini memiliki aperture f/1.9 yang membantu dalam cahaya rendah. Sementara iPhone 13 hanya memiliki aperture f/2.2.

Fitur Baru
Foto: iPhone 14 (dok. Apple)

Tentunya sebagai perangkat terbaru, iPhone 14 juga memperkenalkan fitur-fitur baru termasuk fitur keselamatan Emergency SOS via Satellite dan Crash Detection. Emergency SOS via Satellite memungkinkan smartphone untuk mengirimkan sinyal ke layanan darurat meskipun sedang berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi. Sayangnya, fitur ini baru akan tersedia secara terbatas di Amerika Serikat dan Kanada.

Sementara Crash Detection yang ada di lini iPhone 14 memungkinkan handphone mendeteksi tabrakan mobil yang parah. Bahkan secara otomatis akan menghubungi layanan darurat saat pengguna tidak sadarkan diri atau tidak dapat menjangkau perangkat mereka.

Chipset

Salah satu hal yang paling mengecewakan para penggemar adalah penggunaan chip A15 Bionic pada perangkat iPhone 14 yang sama dengan pendahulunya. Walaupun, dalam hal ini model yang dipakai mempunyai GPU dengan 5 buah inti sehingga diklaim memiliki performa serta efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi 4 buah inti yang digunakan di iPhone 13.

Dengan chipset yang sama iPhone 13 hanya memiliki waktu pemutaran video hingga 19 jam, sementara iPhone 14 mencapai 20 jam. iPhone 13 juga hadir dengan iOS 15 sedangkan iPhone 14 dibekali dengan iOS 16. Meski demikian, iPhone 13 dapat melakukan pembaruan software ke iOS 16 saat ini.

Apple sendiri mengatakan penggunaan A15 Bionic pada perangkat iPhone 14 masih lebih cepat dibandingkan chipset lain dikelasnya.

Harga

iPhone 13

  • Kapasitas 128 GB: Rp 13.749.000
  • Kapasitas 256 GB: Rp 15.499.000
  • Kapasitas 512 GB: Rp 18.199.000

iPhone 14

  • Kapasitas 128 GB: 1.299 dolar Singapura (SGD) (sekitar Rp 13,7 juta)
  • Kapasitas 256 GB: 1.469 SGD (sekitar Rp 15,5 juta)
  • Kapasitas 512 GB: 1.799 SGD (sekitar Rp Rp 19 juta)

Dengan harga yang relatif sama, jika Anda telah memiliki iPhone 13 sebaiknya berpikir ulamg jika ingin membeli iPhone 14. Namun, jika Anda menggunakan iPhone dengan seri yang lebih lama, Anda bisa memilih iPhone 14. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you