ThePhrase.id - Lembaga riset pasar smartphone Counterpoint Research telah merilis daftar sepuluh ponsel terlaris sepanjang tahun 2022. Sepuluh perangkat tersebut menyumbang 19% dari total penjualan smartphone global sepanjang 2022. Menariknya hanya dua brand yang masuk dalam daftar tersebut, yaitu Apple dan Samsung.
Foto: Ilustrasi Penjualan iPhone 13 (dok. Apple)
Menduduki peringkat pertama adalah Apple iPhone 13. Menurut Counterpoint, iPhone 13 menyumbang 28% dari total penjualan iPhone secara global. Smartphone ini menjadi pilihan utama pengguna di China, Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Perancis.
Penurunan harga yang dilakukan pasca perilisan iPhone 14 turut mendorong penjualan iPhone 13 di pasar berkembang. Imbasnya penjualan iPhone 13 dua kali lebih banyak ketimbang iPhone 13 Pro Max yang berada di urutan kedua sebagai ponsel terlaris sepanjang 2022.
Counterpoint mencatat, untuk pertama kalinya, varian iPhone Pro Max mencetak lebih banyak volume penjualan daripada model Pro dan model reguler pada tahun 2022. Hal ini membantu iPhone 14 Pro Max merebut posisi ketiga dalam daftar tahun 2022.
iPhone 12 menjadi model iPhone paling tua yang masuk dalam daftar 10 HP terlaris 2022. iPhone 12 yang menempati peringkat keenam ini ternyata menjadi smartphone terlaris tahun 2021. Penjualannya iPhone 12 tercatat tetap kuat di pasar AS, Jepang, dan China.
Secara keseluruhan ada 8 model Apple iPhone yang berhasil masuk dalam daftar sepuluh smartphone terlaris di 2022.
Selain iPhone, brand asal Korea Selatan, Samsung juga turut masuk dalam daftar tersebut. Bukan smartphone kelas atas atau lini Galaxy S22, ponsel entry level yang masuk dalam daftar tersebut, yaitu Galaxy A13 dan Galaxy A03.
Counterpoint mencatat, Galaxy A13 paling banyak terjual di pasar Karibia, Amerika Latin, dan India. Galaxy A03 adalah smartphone dengan harga paling terjangkau dalam daftar dan satu-satunya HP yang ditenagai oleh chipset Unisoc. Smartphone ini paling laku di pasar negara berkembang seperti Karibia, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika.