regional

Jadi Destinasi Favorit Liburan, Yogyakarta Hadirkan Pesta Kembang Api

Penulis Ashila Syifaa
Dec 28, 2023
Tugu Golong Gilig Yogyakarta. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/Azhari Setiawan)
Tugu Golong Gilig Yogyakarta. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/Azhari Setiawan)

ThePhrase.id - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia maupun macanegara. Selain kaya akan seni budaya, Yogyakarta juga memiliki berbagai macam destinasi wisata dan kuliner yang menarik. 

Kali ini, pada liburan Tahun Baru 2024, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan meriahkan perayaan tahun baru dengan pesta kembang api di beberapa titik yang tersebar di 5 daerah. 

Melansir laman Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan akan ada 4,45 juta orang yang akan berwisata ke DIY selama liburan Nataru 2023. Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan masyarakat maupun kendaraan di DIY, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan bahwa titik-titik keramaian masyarakat telah disiapkan. 

Menurutnya, puncak keramaian akan terjadi pada malam pergantian tahun baru, maka dari itu titik pesta kembang api disiapkan tersebar di beberapa daerah dan objek wisata di DIY. Hal ini dilakukan untuk memecah konsentrasi di kota. Selain menyebar titik pesta kembang api, acara baru akan dimulai sekitar pukul 22.00 WIB hingga lebih dari pukul 24.00 WIB.

Dengan menyediakan beberapa titik perayaan tahun baru dan acara di kabupaten-kabupaten, harapannya masyarakat tidak perlu pergi ke tengah kota sehingga dapat mengurangi kepadatan di kota.

Selain untuk mencegah kemacetan, berbagai langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan kerumumnan yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19 yang sedang melonjak.

Berikut titik perayaan Tahun Baru dan pesta kembang api di 5 Daerah:

  • Kota Yogyakarta: Halaman parkir Stadion Mandalakrida Umbulharjo Yogyakarta, Garden Hotel Tasneem, dan The 101 Hotel Yogyakarta Tugu.
  • Gunungkidul: HeHa Stone Valey, HeHa Sky View, De Mangol View, Alun-Alun Wonosari Gunungkidul.
  • Kulon Progo: Pantai Trisik Kulon Progo.
  • Sleman: Alun-Alun Plaza Ambarrukmo Sleman, Sleman City Hall (SCH). Obelix Hills Sleman, Outdoor Area Jogja City Mall (JCM), Tip Tap Toe, Kapangan Parkir Kantor TWC Prambanan Sleman.
  • Bantul: Little Tokyo: Hanabi Matsuri dan Waru Gagak Imogiri.

Beberapa lokasi perayaan Tahun Baru tersebut tak hanya menyajikan pesta kembang api saja namun juga acara konser musik, kuliner, melepaskan lampion, hingga atraksi budaya.

Selain itu, Car Free Night juga akan diberlakukan di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik 0KM sejak pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB pada 31 Desember 2023. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic