e-biz

Jadi Insurtech Terbesar di Asia Tenggara, Qoala Fokus Layani Asuransi dengan Beragam Inovasi

Penulis Firda Ayu
Dec 14, 2022
Jadi Insurtech Terbesar di Asia Tenggara, Qoala Fokus Layani Asuransi dengan Beragam Inovasi
ThePhrase.id – Qoala sebagai perusahaan asuransi teknologi (insurtech) terbesar di Asia Tenggara telah hadir selama 4 tahun dengan visi solutif yaitu untuk memasyarakatkan asuransi. Dengan fokus menjadi perusahaan yang customer-centic, Qoala menyediakan beragam jenis produk asuransi yang diperlukan masyarakat sesuai dengan gaya hidup mereka. Hal ini diwujudkan Qoala melalui kerja sama dengan berbagai mitra asuransi dan mitra korporat.

Tak hanya asuransi kesehatan dan jiwa, Qoala juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti asuransi gadget, travelling, properti, kendaraan bermotor dan lainnya. Keberagaman jenis asuransi ini berfokus pada kebutuhan individu dan menjadi selling point Qoala.

“Kami sejauh ini berhasil menjadi perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara dalam hal penjualan asuransi ritel/individual. Sesuai prinsip Qoala, tujuan kami hadir di Indonesia dan Asia Tenggara adalah untuk meningkatkan adopsi asuransi. Jadi, memang fokusnya harus lebih bisa ke ritel,” ungkap Deputy CEO dan Co-founder Qoala, Tommy Martin, dalam keterangan tertulis 13 Desember 2022.

Beragam pilihan asuransi di Qoala, insurtech terbesar di Asia Tenggara (Foto: qoala.app)


Beberapa tantangan perlu dihadapi dalam industri asuransi  di Indonesia mulai dari cakupan pasar yang terbatas, ketersediaan jenis produk asuransi yang sesuai dengan masyarakat dan proses penerbitan polis hingga klaim yang sangat manual dan memakan waktu.

Qoala hadir menjawab berbagai permasalah tersebut dengan menjadi solusi dan berupaya menciptakan teknologi yang memudahkan akses asuransi dengan proses klaim berbasis digital dan machine learning.

Melalui teknologi ini, Qoala dapat hadir memberikan asuransi yang mudah diakses bagi seluruh lapisan masyarakat.

Insurtech terbesar di Asia Tenggara, Qoala (Foto: qoala.app)


Di sisi lain, Qoala juga menyadari bahwa menyadari bahwa pemahaman masyarakat terhadap pentingnya memiliki asuransi menjadi salah satu tantangan utama yang harus dihadapi. Oleh karena itu perlu adanya intoductory product yang terjangkau, mudah dipahami dan digunakan.

Agar lebih mudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, Qoala menyediakan jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti travelling, gadget, personal accident hingga investment.

“Lewat penawaran produk-produk ini ketika masyarakat sudah teredukasi dan paham pentingnya asuransi, suatu hari mereka akan memilih produk-produk asuransi ini kembali dan mulai mencari produk asuransi lain yang lebih memberikan proteksi bagi diri mereka. Hal tersebut juga alasan kenapa kami fokus di produk-produk yang tradisional ini karena memberikan perlindungan yang lebih komprehensif kepada masyarakat,” jelas Tommy.

Promo program Qoala Plus (Foto: qoala.app)


Usaha tersebut dijalankan dengan kolaborasi bersama digital startup di berbagai bidang yang sesuai sehingga secara tidak langsung masyarakat akan mulai merasakan manfaat dari asuransi Qoala. Ke depannya, masyarakat akan mulai membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan proteksi dan perlindungan dari hal yang tidak diinginkan dan segala risiko finansial.

Qoala Plus juga hadir sebagai salah satu unit bisnis utama berbasis digital dengan bantuan tenaga pemasar yaitu Mitra Qoala Plus. Teknologi ini bertujuan untuk membantu para mitra mendistribusikan produk asuransi, menerima komisi secara instan, hingga meningkatkan pemasaran asuransi meliputi pengelolaan polis dan penanganan klaim.

Unit bisnis ini juga membantu Mitra Qoala Plus lewat beragam pelatihan agar mereka dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan sekaligus menjual berbagai jenis produk asuransi dari partner terpercaya serta menjadi wirausahawan.

Melengkapi berbagai teknologi di atas, Qoala App yang digarap oleh Qoala juga hadir menjawab kebutuhan masyarakat akan proses pembelian asuransi dengan akses mudah dan praktis. Qoala App menjadi marketplace asuransi digital untuk mengakses dan membeli berbagai macam asuransi secara langsung lewat situs atau aplikasi Qoala.

Melalui aplikasi, pelanggan dapat memilih serta membandingkan berbagai produk asuransi terbaik dengan harga premi terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei.

Klaim asuransi juga menjadi lebih mudah dan ringkas dengan kecanggihan teknologi yang dikembangkan Qoala mulai dari pengajuan hingga klaim. Proses klaim ini akan dibantu oleh konsultan asuransi Qoala serta tenaga pemasaran Qoala Plus.

Dengan berbagai inovasi di atas, Qoala berusaha agar selalu bisa menjadi akses asuransi digital bagi masyarakat Indonesia dan sebagai solusi dari tantangan mereka dalam memiliki asuransi. [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic