Jaga Pasokan Listrik, PLN Harus Amankan 20 Juta MT Batu Bara

- Advertisment -spot_imgspot_img

 

ThePhrase.id – Meskipun Indonesia tengah mengalami krisis pasokan energi primer, namun PT PLN (Persero) memastikan bahwa tidak akan ada pemadaman listrik. PLN harus mengamankan pasokan batu bara yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik.

- Advertisement -

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan dengan bantuan pemerintah, PLN akan terus menjaga ketersediaan pasokan energi primer seperti batu bara demi memenuhi kebutuhan listrik nasional.

Menurut Darmawan, PLN harus memastikan bahwa ketersediaan batu bara tetap berada dalam level aman, yakni kurang lebih sekitar 20 juta MT, setidaknya di bulan Januari 2022.

“Jumlah itu terdiri dari, 10,7 juta MT dari kontrak eksisting dan 9,3 juta MT tambahan untuk meningkatkan ketersediaan batu bara ke level aman,” ujar Darmawan.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN (Foto: Top Business)

- Advertisement -

Darmawan menambahkan, PLN juga sudah berupaya untuk memaksimalkan pasokan batu batu bara, sehingga terhitung pada tanggal 5 Januari 2022 lalu PLN sudah mendapatkan total kontrak senilai 13,9 juta MT batu bara.

“PLN merasakan kebanggaan luar biasa bahwa dalam menghadapi krisis energi ini kami tidak dalam kesendirian. Seluruh kekuatan bangsa ini bergabung bahu membahu menunjukkan semangat juang dan kekompakan untuk mengatasi permasalahan ini secara permanen,” imbuh Darmawan.

Darmawan menyampaikan bahwa pasokan batu bara kini mulai berlimpah atas bantuan dari pemerintah, oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tidak khawatir akan terjadinya pemadaman.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak Presiden. Beliau turun langsung memberikan arahan yang jelas, berbasis pada filosofi bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Arahan Bapak Presiden sudah sangat jelas, bahwa tidak akan ada pemadaman dalam skala apapun. Maka untuk jangka pendek strategi PLN adalah upaya menghindari pemadaman,” imbuhnya.

Ilustrasi pasokan batu bara (Foto: Pushep)

Menurut Darmawan, PLN akan terus berupaya untuk menemukan solusi permanen dan jangka panjang agar pasokan energi primer terus terpenuhi. Salah satu cara yang ditempuh PLN yakni dengan melakukan kontrak jangka panjang dan perikatan volume dengan swing 20% dan bekerja sama dengan berbagai mitra pemasok batu bara

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para mitra pemasok batu bara yang telah membantu PLN mengamankan energi primer untuk pembangkit demi menghindari pemadaman listrik ke masyarakat,” tandas Darmawan. [hc]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you