Jakarta Masuk Daftar 100 Kota Terbaik di Dunia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Jakarta masuk dalam daftar 100 Kota Terbaik di Dunia 2023 atau The 2023 World’s Best Cities. Daftar 100 kota terbaik dunia ini diluncurkan Resonance Consultancy, perusahaan konsultasi global dalam bidang pariwisata, real estate dan pembangunan ekonomi.

Pada daftar tersebut Kyiv, Ukraina menjadi kota terbaik kehormatan. Kemudian, London menempati ranking pertama kota terbaik selama tujuh tahun berturut-turut.

Sedangkan, Kota Jakarta masuk dalam peringkat ke-89 disusul Kota Phoenix, Amerika Serikat. Sebelumnya ada Kota Gothenburg, Swedia. Beberapa kota lain di bawah Jakarta adalah Perth, Australia, Glasgow, Britannia Raya dan Nagoya, Jepang.

Foto: Pexels/Iman Boer

“Kota berpenduduk lebih dari 35 juta ini, aman dan didokumentasikan oleh penduduk dan pengunjung (tagar Instagram berada di 10 teratas secara global) sedang tenggelam,” tulis pada laporan daftar 100 Kota Terbaik.

Laporan tersebut beberapa kali menyatakan bagaimana Jakarta merupakan kota yang sedang tenggelam. Namun, Jakarta masuk dalam daftar ini karena melihat dua kategori dari enam kategori yang ada yaitu Place dan Promotion.

Dalam kategori place, sebuah kota dinilai dari kualitas alam dan lingkungannya hingga keamanannya. Jakarta dinilai sebagai kota yang aman. Kemudian dari sisi Promotion, dinilai dari keseringan orang membagikan dan merekomendasikan kota tersebut melalui online. Untuk Kota Jakarta dinilai dari Instagram hashtagnya yang cukup sering digunakan oleh masyarakat.

Foto: Pexels/Tom Fisk

Selain dari dua katogori itu, ada empat kategori lainnya yaitu Product, Programming, People dan Prosperity. Dilansir dari Kompas, angka yang didapatkan Jakarta adalah 72 untuk Place, 98 untuk Product, 94 untuk Programming, 184 untuk People, 130 untuk Prosperity, dan 21 untuk Promotion.

Selain menyinggung keadaan Jakarta yang tenggelam, laporan ini juga menyebutkan pemindahan Ibu Kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Dalam laporan tersebut, dikatakan bahwa ibu kota baru ini menjadikan minat perjalanan internasional dan bisnis paska pandemi semakin meningkat. IKN menjadi menjadi daya tarik bagi investor asing.

Dilanjutkan juga bahwa dalam empat tahun ke depan sudah ada beberapa hotel mewah yang dijadwalkan dibuka di Ibu Kota Nusantara. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you