lifestyle

Jangan Sampai Sakit! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Penulis Nadira Sekar
Oct 28, 2023
Foto: Ilustrasi Cuaca Panas (freepik.com)
Foto: Ilustrasi Cuaca Panas (freepik.com)

ThePhrase.id - Cuaca panas ekstrem yang tengah terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan ini dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan. 

Paparan terus-menerus terhadap panas ekstrem diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk dehidrasi, kelelahan, atau bahkan heatstroke. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatanmu di tengah cuaca panas ekstrem. 

Berikut lima tips untuk membantumu tetap sehat selama cuaca panas yang ekstrem!

Minum Banyak Air

Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan dehidrasi yang cepat. Dehidrasi sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pusing, mual, dan bahkan pingsan. Oleh karena itu, pastikan kamu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari. Jangan tunggu sampai merasa haus, dan selalu bawa botol air saat beraktivitas di luar.

Selain itu, hindarilah minuman beralkohol dan berkafein, karena keduanya dapat memperburuk dehidrasi.

Hindari Aktivitas Berat di Siang Hari

Jika memungkinkan, hindari melakukan aktivitas berat di luar ruangan saat suhu mencapai puncaknya pada siang hari. Lebih baik lakukan aktivitas berat di pagi atau sore hari ketika suhu lebih rendah. Hal ini akan membantu mencegah overheating dan dehidrasi. Jika kamu harus beraktivitas di luar, pastikan kamuberistirahat secara teratur, mencari tempat berteduh, dan menjaga diri tetap terhidrasi.

Gunakan Perlindungan Matahari

Sinar matahari bisa merusak kulit dan meningkatkan risiko terbakar. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi, kenakan topi, dan pakaian pelindung ketika berada di luar. Ini akan membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan mencegah kerusakan.

Selain itu pilih pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang. Pakaian ini membantu melindungi tubuhmu dari sinar matahari langsung dan memungkinkan sirkulasi udara yang baik. 

Konsumsi Multivitamin

Cuaca panas dapat menguras nutrisi dari tubuh. Mengonsumsi multivitamin atau suplemen nutrisi dapat membantu memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, dan elektrolit, yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh dan meningkatkan daya tahan terhadap panas.

Hindari Makanan Berat dan Berlemak

Makanan berat dan berlemak dapat membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya, yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Pilih makanan ringan dan sehat seperti buah, sayuran, dan salad saat cuaca panas. Ini akan membantu menjaga tubuh tetap nyaman dan menghindari ketidaknyamanan perut.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat menjaga kesehatan, menghindari risiko dehidrasi, heat stroke, dan masalah kesehatan lain yang sering terkait dengan suhu tinggi. Pastikan untuk selalu memperhatikan tubuh dan merespons tanda-tanda ketidaknyamanan dengan bijak. 

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic