Jarang Mematikan Laptop, Apa Dampaknya?

-

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Perangkat komputer dan laptop tentunya bukan merupakan barang yang murah. Meski demikian, karena perangkat digunakan untuk aktivitas sehari-hari baik untuk mengerjakan tugas ataupun bekerja tak sedikit pengguna yang lupa untuk memperlakukan komputer dan laptop dengan baik.

Foto: Ilustrasi Laptop (freepik.com photo by Racool_studio)

Salah satu kebiasaan yang kini sering dilakukan, terutama pada anak-anak muda adalah tidak mematikan atau melakukan shutdown pada perangkat laptop mereka. Tak sedikit masyarakat lebih suka hanya menutup laptopnya atau sleep. Bahkan tidak jarang mereka tidak mematikan perangkat komputernya hingga berbulan-bulan.

Sistem operasi dan komputer modern memang telah dirancang untuk digunakan dalam waktu lama tanpa melakukan proses shutdown. Meski demikian ada beberapa poin yang harus diingat jika memilih untuk tidak mematikan komputer.

Masalah Software

Di bagian perangkat lunak, program yang  digunakan akan terus mengumpulkan segala macam sampah. Jadi, mematikan komputer  akan menutup aplikasi yang sedang berjalan untuk mengosongkan RAM dan menghapus data sementara dari hard drive.

Mengosongkan RAM akan memungkinkan mesin berjalan lebih efisien. Namun, jika komputer memiliki RAM yang cukup, komputer dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa harus dimatikan.

Dengan kata lain, menjaga PC  tetap berjalan selama berhari-hari akan memenuhi RAM dengan banyak aplikasi dan layanan, yang pada akhirnya memperlambatnya sampai batas tertentu. Oleh karena itu, jika beberapa proses mengalami kesalahan, mematikan PC akan mengatur ulang statusnya.

Masalah Hardware

Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa bagian yang bergerak seperti hard drive yang akan menua dengan waktu dan panas terus menerus. Sistem operasi  mungkin berjalan tanpa gangguan, tetapi perangkat keras akan terganggu jika tidak mematikan komputer selama berhari-hari.

Selain itu, tentunya komputer akan terus mengkonsumsi daya. Hal ini mendorong panas yang besar yang akan mempercepat penuaan perangkat. Selain menjadi cepat panas, membiarkan laptop terus hidup dari waktu ke waktu juga dapat mengakibatkan perangkat hardware laptop akan lebih cepat aus.

Selain hardware yang cepat aus, laptop yang terus menyala pun dapat membuat debu-debu lebih cepat menumpuk di perangkat hardware laptop.

Jadi Dimatikan atau Tidak?

Singkatnya, komputer atau laptop modern dapat berjalan selama beberapa hari tanpa mematikan atau shutdown total. Pada akhirnya, pilihan Anda penting. Tapi, tidak ada gunanya menyalakan dan mematikan komputer beberapa kali sehari. Anda dapat menggunakan opsi tidur dan langsung kembali bekerja. Untuk berjaga-jaga jika ingin menghemat lebih banyak listrik dan menghindari ketiduran, dapat melakukan hibernasi komputer Anda. Jika tidak akan menggunakan PC selama beberapa hari, atau komputer lambat, Anda harus melakukan shutdown. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you