leader

Jason Statham, Jadi Atlet hingga Bersinar sebagai Aktor Laga Veteran

Penulis Firda Ayu
Oct 01, 2023
Jason Statham (Foto: instagram.com/jasonstatham)
Jason Statham (Foto: instagram.com/jasonstatham)

ThePhrase.id - Aktor veteran asal Inggris Jason Statham baru-baru ini membintangi film laga terbarunya, Expend4bles yang tayang 22 September 2023 lalu. Menariknya, dalam film ini Jason beradu akting dengan aktor laga asal Indonesia, Iko Uwais.

Bagaimanakah perjalanan karier Jason Statham?

Jason Statham merupakan pria asal Shirebrook, Derbyshire, Inggris yang lahir pada 26 Juli 1967. Ia lahir dari anak seorang penari dan bapaknya merupakan pedagang. Tak ingin mengikuti jejak bapaknya, Jason kemudian belajar martial arts.

Ia juga memiliki minat yang besar pada cabang olahraga diving atau lompat indah dan berlatih setiap hari untuk menyempurnakan teknik diving-nya. Passion yang ia miliki ini membuatnya menjadi member Britain National Swimming Squad selama 12 tahun.

Jason Statham  Jadi Atlet hingga Bersinar sebagai Aktor Laga Veteran
(Foto: instagram.com/jasonstatham)

Menurut Jason, pengalamannya sebagai atlet diving merupakan pengalaman yang baik dan mengajarkannya untuk disiplin, fokus dan menjauhkannya dari masalah. 

Awal mula karier Jason dalam dunia hiburan adalah saat ia dilirik oleh agensi sport promotion saat sedang berlatih di Crystal Palace National Sports Centre, London pada tahun 1996. Ia kemudian menjadi model untuk berbagai merek ternama mulai dari Tommy Hilfiger, Griffin, hingga Levi’s.

Di tahun 1997, Jason menjadi model untuk merek fashion French Connection. Ia dikenalkan dengan sutradara ternama, Guy Ritchie. Sutradara ini tertarik pada Jason karena latar belakang Jason yang pernah bekerja di pasar gelap atau black market.

Meski tidak memiliki pengalaman akting, Guy mengundang Jason untuk audisi film Lock, Stock and Two Smoking Barrels sebagai Bacon. Film ini sukses secara komersial sehingga membuat nama Jason Statham mulai dikenal publik.

Ia kemudian kembali mendapat tawaran di film Guy Ritchie bertajuk Snatch (2000) sebagai Turkish. Dalam film ini, ia beradu akting dengan Dennis Farina, Benicio del Toro hingga Brad Pitt. Sukses, film ini membuka peluang Jason memamerkan aktingnya dalam dua film lagi Ghosts of Mars dan The One di tahun 2001.

Jason Statham  Jadi Atlet hingga Bersinar sebagai Aktor Laga Veteran
(Foto: instagram.com/jasonstatham)

Tahun 2002 menjadi tahun yang membuka kesuksesan Jason Statham sebagai aktor laga. Ia mendapat tawaran peran sebagai pemeran utama dalam film actionTransporter (2002). Dalam film ini, ia berperan sebagai Frank Martin, seorang supir profesional yang ahli dalam pengiriman barang rahasia. 

Serius dengan perannya dalam film ini, Jason mempelajari wing chun, karate, hingga kickboxing. Film ini membawa Jason membintangi seri kedua dan ketiganya, Transporter 2 (2005) dan Transporter 3 (2008) yang makin mengokohkan posisi Jason sebagai aktor laga kawakan.

Setelah sukses dengan Transporter, Jason Statham terus berperan dalam berbagai film laga terkenal. Ia menjadi pemeran utama dalam film Crank (2006) dan Crank: High Voltage (2009) di mana ia memerankan karakter Chev Chelios yang penuh adrenalin. 

Selain itu, Jason terlibat dalam film-film yang tak kalah menantang, seperti Death Race (2008), Safe (2012), dan Homefront (2013).

Jason juga dikenal berkat perannya dalam franchise Fast & Furious. Ia pertama kali muncul dalam Fast & Furious 6 (2013) dan berperan sebagai karakter antagonis, Deckard Shaw. Ia juga kembali digandeng dalam beberapa film selanjutnya, termasuk Furious 7 (2015), The Fate of the Furious (2017), dan Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw (2019). 

Jason Statham  Jadi Atlet hingga Bersinar sebagai Aktor Laga Veteran
Jason dan Iko Uwais dalam  Expend4bles (Foto: instagram.com/jasonstatham)

Pencapaian Jason yang paling mencolok lainnya adalah perannya dalam franchise The Expendables pada tahun 2010. Jason berperan sebagai Lee Christmas dan beradu akting dengan sejumlah bintang besar aksi seperti Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, dan Bruce Willis dalam film yang memadukan laga dengan sentuhan humor ini.

Film ini berlanjut dengan seri keduanya The Expendables 2 (2012), seri ketiga The Expendables 3 (2014), hingga seri keempatnya yang baru tayang, Expend4bles. Selain kembali memerankan karakter Lee Christmas dan beradu akting dengan Iko Uwais, Jason juga merupakan salah satu sutradara dalam film ini.

Film yang belum genap satu bulan berada di bioskop ini dikabarkan telah meraih pendapatan hingga 21,2 juta dollar AS. [fa]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic