Jateng Akan Miliki Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara

- Advertisement -spot_imgspot_img

Thephrase.id – Produsen kaca terbesar di Asia Tenggara, KCC Glass Corporation, siap dibangun di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Perusahaan asal Korea Selatan itu akan membangun pabriknya di lahan seluas 49 hektar dan telah meletakkan batu pertama pembangunan pabrik tersebut pada Kamis, 20 Mei 2021.

Groundbreaking pembangunan pabrik pertama di KIT Batang, Foto: BKPM TV

Pembangunan pabrik KCC Glass akan dilakukan dalam dua tahap dengan nilai investasi mencapai Rp 5 triliun. Pembangunan ini ditargetkan rampung pada tahun 2023, agar dapat segera memulai berproduksi pada tahun 2024. Setelah rampung, pabrik kaca ini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

KIT Batang sendiri merupakan perusahaan patungan di bidang kawasan industri yang dimiliki PT PP sebanyak 35% saham, PT Kawasan Industri Wijayakusuma sebesar 30%, PT Perkebunan Nusantara IX dengan saham 25%, dan Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Kabupaten Batang dengan porsi 10% saham.

Sebanyak 1.500 tenaga kerja diperkirakan akan diserap oleh KCC Glass Corporation. Diharapkan pabrik kaca ini dapat memicu investasi besar, baik asing dan domestik di KIT Batang.

“PT PP sangat mengapresiasi dan senang atas kehadiran KCC Glass Corporation sebagai tenant pertama di KIT Batang. Kehadiran investor global ini tentu akan berimbas positif bagi perekonomian Indonesia. Kami juga berharap groundbreaking pabrik tenant pertama ini dapat memacu investor besar, baik asing maupun domestik, untuk berinvestasi di KIT Batang. Oleh karena itu, PT PP akan berupaya penuh memberikan dukungan dan kerjasama terbaik,” kata Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, Foto: BKPM TV

KCC Glass Corporation menjadi perusahaan pertama yang membangun pabrik di KIT Batang. Selain KCC, beberapa perusahaan lain yang rencananya akan dibangun di KIT Batang adalah LG Chem, perusahaan kimia terbesar asal Korea Selatan dan Wavin B.V atau produsen pipa plastik asal Belanda.

“Saat ini, LG Chem dan Wavin B.V sedang dalam proses. Semoga dalam tahun ini ada dua sampai tiga perusahaan yang melakukan ground breaking,” kata Novel.

KIT Batang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dengan total lahan pengembangan seluas 4.300 hektare. Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyebut sebanyak 450 dari total lahan tersebut telah siap dipakai, sehingga para investor dapat segera masuk untuk memulai pembangunan pabrik mereka.

Adapun pembangunan KIT Batang dibagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster I seluas 3.100 hektare, klaster II seluas 800 hektare, dan klaster III seluas 400 hektare.

Rencana pembangunan KIT Batang, Foto: Pekalongan INFO

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menyampaikan apresiasinya dengan hadirnya KCC di Jawa Tengah. “Saya menyampaikan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya karena KCC Glass Corporation adalah yang pertama di sini, dan itulah yang disampaikan oleh Pak Duta Besar. Kami juga harus melayani yang pertama dan harus terbaik,” ujar Ganjar.

CEO KCC Glass Corporation Kim Nae Hoan juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dan kerja sama yang dijalin.

CEO KCC Glass Corporation Kim Nae Hoan, Foto: BKPM TV

“Saya atas nama KCC Glass mengucapkan terima kasih kepada tim Kementerian Investasi/BKPM, Konsorsium KITB dan BUMN-BUMN terkait, juga warga Jawa Tengah khususnya Kabupaten Batang, serta pemerintah Indonesia yang telah memberikan dukungan penuh dan kerja sama secara aktif. Kami sangat bersemangat membangun pabrik luar negeri pertama kami di tanah penuh keberuntungan ini,” ujarnya. (Nadia)

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you