lifestyle

Jawab Gaya Hidup Serba Cepat, Initial Coffee Roaster Hadirkan Kopi Celup

Penulis Firda Ayu
Oct 19, 2022
Jawab Gaya Hidup Serba Cepat, Initial Coffee Roaster Hadirkan Kopi Celup
 ThePhrase.id - Initial Coffee Roaster asal Surabaya terus melakukan inovasi dan akan meluncurkan produk terbarunya, yakni kopi celup. Inisiatif produk ini hadir dari keinginan mereka untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan gaya hidup serba cepat, tentunya masyarakat ingin menikmati kopi secara lebih praktis atau tidak memerlukan peralatan khusus.

“Kami ingin kopi lokal berkualitas tinggi menjadi produk yang inklusif; bisa dinikmati oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja” ujar Ivan Hartanto, pemilik usaha Initial Coffee Roaster.

Tokopedia mengadakan media workshop bersama salah satu UMKM Surabaya, Initial Coffee Roaster yang berdiri sejak 2014 dan telah memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua. (Foto: Kontan)


Initial Coffee Roaster didirikan oleh Ivan Hartanto bersama dua rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo. Seperti namanya, UMKM ini bergerak di industri kopi sejak 2014 dan telah memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua.

“Initial Coffee Roaster berdiri bukan hanya sebagai kedai kopi. Kami memiliki tujuan memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi dan masih banyak lagi,” imbuh Ivan.

Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung tanpa perantara dari ratusan petani kopi lokal. Mereka juga memastikan bahwa pembelian dilakukan di awal agar para petani bisa punya pegangan modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka.

Selain itu, Initial Coffee Roaster juga rajin mengikuti berbagai kampanye di bawah naungan inisiatif Hyperlocal Tokopedia, salah satunya Tokopedia NYAM!.

“Berkat mengikuti kampanye ini, transaksi produk best seller kami, Kopi Espresso Early Riser Blend, melonjak 2 kali lipat. Bahkan produk kami bisa tembus luar Surabaya seperti Bogor, Sumbawa dan Samarinda,” lanjut Ivan.

Ilustrasi bubuk kopi. (Foto: pixabay/eliasfalla)


Selain membantu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet, Tokopedia juga membantu Initial Coffee Roaster menambah jangkauan pasar dan meningkatkan minat peminum kopi. Hal ini terutama ditujukan untuk homebrewer ataupun kedai kopi baru agar dapat mencoba biji kopi specialty grade buatan anak negeri kita.

Initial Coffee Roaster juga aktif melakukan edukasi tentang kopi kepada masyarakat, salah satunya melalui program Coffee Academy.

“Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjadi barista. Sejauh ini sudah ada lebih dari 300 orang yg belajar di Premium Coffee Academy kami,” jelas Ivan.

Tokopedia mencatat kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, mencapai hampir 1,5 kali lipat pada semester I 2022.

“Kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori paling laris di Surabaya,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Tren ini didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk mendekatkan UMKM dari berbagai daerah termasuk Surabaya dengan pembeli setempat. Inisiatif ini bertujuan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satu contoh UMKM Surabaya kategori Makanan dan Minuman yang merasakan manfaat inisiatif ini adalah Initial Coffee Roaster. [fa]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic